Tips Packing

tips packing

Hellow travelers terutama yang backpackers :p
Siapa yang tiap kali packing berasa pusing banget? Nah kali ini tips packing yang mudah & rapih serta menghindari beban berlebihan untuk para backpackers. Yuk simak dulu yuuu..

1. Pakaian
a. Bawa pakaian yang pasti akan kamu pakai. Kalau kamu traveling lebih dari satu minggu, kamu ga perlu bawa terlalu banyak pakaian, kamu bisa cuci pakaian yang telah kamu pakai sebelumnya.
b. Hindari packing yang kurang penuh karena bisa menyebabkan pakaian kamu mudah kusut.Tapi hindari juga packing berlebihan karena tidak efisisen.
c. Kamu bawa baju hangat? ga perlu masuk di ransel, kamu bisa pakai pas di pesawat jadi nggak makan banyak tempat di dalam koper kan.
d. Stop melipat pakaian, ganti dengan menggulungnya. Menggulung dapat mengurangi kusut pada baju dan pasti memaksimalkan penggunaan space jadi ransel kamu bisa memuat lebih banyak barang kan 🙂
e. Gulung pakaian dari bawah ke atas, baju yang tipis seperti kaos, gulung bareng dua atau tiga sekalian.
f. Pada saat packing, mulailah dengan celana & baju dulu. Setelah semua tersusun kamu bisa menyelipkan pakaian dalam di antara sela – selanya.
g. Buat kamu yang berencana hiking, packing pakaian kamu ke dalam plastik. Ini untuk menghidari pakaian jadi lembab karena udara dingin di gunung.

2. Perlengkapan mandi & kosmetik
a. Untuk perlengkapan mandi disatukan dalam satu tas khusus perlengkapan mandi ukuran mini .
b. Gunakan perlengkapan mandi dengan size yang kecil. Contoh untuk shampo kamu bisa pakai yang sachet.
c. Jangan lupa selalu bungkus perlengkapan mandi kamu dengan plastik, ini untuk menghindari apabila terjadi kebocoran.

3. Sepatu
Tempatkan sepatu bersama dengan kaus kaki, dan bungkus lagi dengan plastik.

4. Pisahkan barang – barang berharga
a. Selalu copy dokumen – dokumen penting kamu, simpan terpisah dengan aslinya. Sebelum pergi, scan seluruh dokumen – dokumen tersebut dan simpan di email kamu. Nah apabila hal terburuk terjadi yaitu kamu kehilangan seluruh tas kamu, kamu masih punya soft copy nya kan 🙂
b. Pisahkan uang cash dengan kartu atm & kartu kredit kamu. Sekali lagi, kalau kamu kehilangan salah satu tas kamu kamu masih pegang uang kan 🙂
c. Untuk visa, tiket dan KTP,  bisa di taruh di tas jinjing atau tas pinggang kamu. Dan selalu pilih tas yang lebih kecil yah.

5. Perangkat elektronik
Selalu lepaskan perangkat elektronik kamu dari batrei nya pada saat packing. Ini untuk menghindari perangkat elektronik menyala secara tidak sengaja. Dan selalu packing perangkat elektronik kamu dalam plastik kedap air.

6. Plastik
Selalu bungkus barang – barang kamu dengan plastik transparan secara terpisah. Jadi selain menghindari terkena basah, ini juga memudahkan kamu pada saat membongkar ransel untuk mencari barang – barang yang diperlukan. Oh yah, jangan lupa untuk membawa beberapa plastik kosong untuk tempat pakaian kotor & basah nanti.

7. Oleh – oleh
Pada saat kembali, bungkus oleh-oleh yang kecil dengan plastik untuk menjaga tetap aman, stabil, dan tidak terpencar-pencar.

8. Buatlah list
Sudah siap traveling? Nah last but not least.., sebelum packing cobalah membuat list. Berapa lamakah liburan kamu dan tempat – tempat apa saja yang akan kamu kunjungi. Dengan membuat list terlebih dahulu, kamu bisa memprediksi berapa pakaian dan jenis – jenis pakaian apa saja yang akan kamu packing.

Nah, selamat packing and see you 🙂

@hijabpacker

No Responses

Reply