Wisata Domestik (?)

Travelholic, menurut kamu basi banget ga sih traveling muter-muterin Indonesia? –” engga banget, basiii…

Tapi pernah ga sih kebayang ngapain sih bule-bule itu terbang jauh-jauh ke Indonesia? Dan tiga tahun yang lalu gw putuskan untuk ga akan ke luar negeri sebelum berhasil keliling Indonesia..eh kecuali buat umroh & haji yah..*hihi..

Coba baca dulu deh beberapa alasan berikut kenapa gw mau mutusin kaya gitu, dan mungkin ini alasan dari bule-bule yang terbang ratusan km buat ke Indonesia 🙂

Untuk daratan nya saja Indonesia terdiri dari sekitar 17.500 pulau, belum lagi wilayah perairannya yang mencapai 93.000 km2..dan tau ga bahwa Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang ke dua di dunia 🙂 Hahaha, butuh waktu lama, energi dan budget yang lumayan buat jelajah Indonesia.

Buat travelholic yang sukaaa banget ama pantai, nih Indonesia memiliki panjang pantai sebesar 81.000 km2 atau sekitar 25% dari panjang pantai di dunia..ga ada abis-abis nya kan buat di eksplor 🙂 Suka diving juga? Laut Indonesia memiliki terumbu karang terbaik di dunia, 18% ragam terumbu karang di dunia dimiliki oleh Indonesia.

Buat yang pecinta gunung? Suka hiking? Ini Indonesia juga jagoannya. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 diantaranya aktif loh, dan yang bikin uniknya sebagian dari gunung berapi aktif itu terletak di bawah laut, jadi ga keliatan..hihi..kok berasa serem yah 😛

Ga cuma alam andalannya..ada sekitar 740 suku/etnis dan juga terdapat 583 bahasa/diaelek di Indonesia Raya ini… Wah,,budaya Indonesia kaya banget kan..

Ok, kalau menurut travelholic wisata alam & budaya masih kurang menarik,,nih gimana dengan wisata sejarah Indonesia… Di Candi Borobudur terdapat Monumen Budha terbesar di dunia! Hmm..kalau menurut gw sih yah,,ngapain ke Thailand? Disini ada yang lebih bersejarah 😀

Masih banyak situs-situs sejarah lain, seperti Candi-candi, situs penemuan manusia tertua di dunia (Pithecanthropus erectus), oh yah udah baca bukunya Prof. Arysio Santos_yang Atlantis The Lost Continent Finally Found? Coba baca deh, pasti travelholic bakal terkaget-kaget dengan kekayaan sejarah di Indonesia 🙂

Duh masih banyak lagi, belum lagi kekayaan faunanya. Ada komodo, binatang purba yang cuma ada di Indonesia_di Pulau Komodo tepatnya. Ada juga Tarsius, primata terkecil di dunia yang hidup di Sulawesi Utara. Kemudian ada juga nih ikan terkecil di dunia yang besar tubuhnya ga lebih dari seekor nyamuk, ditemukan di rawa berlumpur di Sumatera.

Untuk faunanya tebak hayooo tanaman apa yang hanya ada di Indonesia? Yap anggrek 🙂 Beberapa jenis di antaranya sangat langka dan hanya dapat tumbuh di pedalaman hutan Papua. Dan jangan lupa juga Rafflesia Arnoldi, bunga terbesar di dunia.

Hadehh kalau dirinciin satu-satu kayanya blog gw kepenuhan 🙂

So travelholic, please jangan pernah anggap basi wisata domestik. Bangsa lain aja rela ngabisin duitnya demi bisa menginjakan kakinya di bumi Indonesia…

Ayo eksplor Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote 🙂

@hijabpacker – 100% Indonesia 😀hijabpacker, traveling indonesia, keliling indonesia, backpacker indonesia,

No Responses

Reply