Mengapa Bewarna Merah Putih ?

merah putih, indonesia, benderaSemua bendera kenegaraan memiliki makna filosofisnya masing – masing, termasuk bendera kita_ Merah Putih.

Seperti yang telah kita pelajari sejak SD, Merah artinya berani dan Putih artinya suci. Tapi travelholic, jauh sebelum NKRI terbentuk atau bahkan “dirundingkan” , warna Merah Putih sudah begitu akrab dengan Nusantara.

Kerajaan Kediri yang berdiri di tahun 1042 memakai panj-panji dengan warna merah putih, begitu juga Kerajaan Majapahit yang berdiri di tahun 1293.

Sisingamangaraja IX dari Tanah Batak juga memakai warna merah putih sebagai warna dasar bendera perangnya, dihiasi dengan gambar pedang kembar di tengah bendera.

Begitu juga di Aceh, para pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang dengan umbul-umbul merah dan putih.

Pada masa Kerajaan Bugis Bone, Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera merah putih adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan tersebut. Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.

Ada lagi nih, pada waktu perang Jawa (1825 – 1830 M) Pangeran Diponegoro memakai  panji-panji bewarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

Karena warna tersebut begitu akrab dengan sejarah Nusantara, warna-warna itu dihidupakan kembali oleh para mahasiswa dan nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928 sejak Sumpah Pemuda.

Dibawah pemerintahan Belanda, bendera merah putih dilarang digunakan karena dianggap sebagai lambang perlawanan dan pemberontakan terhadap kolonialisme. Pada tanggal 17 Agustus 1945 bendera merah putih diadopsi sebagai Bendera Nasional.

Selain catatan sejarah di atas, budaya nusantara juga sangat akrab dengan merah putih. Dalam kehidupan masyarakat Jawa beberapa prosesi tradisional menggunakan simbol merah putih. Salah satu contohnya upacara selamatan janin sesudah empat bulan di dalam rahim Ibu, menggunakan bubur merah dan bubur puth. Masyarakat Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah yaitu perlambangan Ibu dengan unsur putih perlambangan Ayah.

Nah travelholic, sekarang sudah pada tau kan selain simbol keberanian dan kesucian, Merah Putih memiliki makna yang lebih dalam
🙂

source : wikipedia

@hijabpacker

One Response

Reply