Tips Ransel Selalu Tampak Baru

backpack, tips merawat ranselNah, setelah sharing mengenai Tips Nyari Ransel Yang Tepat kali ini gw mau sharing tips untuk menjaga ransel agar tetep awet kaya baru 🙂

Kebersihan dan juga perawatan jadi hal utama yang perlu dilakukan agar ransel-ransel Travelholic tetep seperti baru. Berikut tips nya yah…sederhana dan mudah banget kok..

1. Bersihkan ransel setiap kali selesai dipakai. Buanglah semua bungkus makanan, remah-remah snack dari dalam ransel. Ransel yang bau akan mengundang serangga dan binatang-binatang tertentu juga bisa jamuran loh..

2. Perhatikan setiap kali Travelholic packing, untuk benda-benda tajam agar dilapisi terlebih dahulu dengan kain atau handuk sehingga tidak menonjol dipunggung atau mebuat lubang pada ransel.

3. Biarkan semua resleting, kantong dan kompartemen terbuka lalu kibas-kibaskan agar semua remah, kotoran, pasir dan kulit kayu yang mungkin masuk secara tidak sengaja dapat keluar dari ransel.

4. Kalau ransel benar-benar kotor bersihkan dengan kain yang lembab atau sedikit basah. Bisa juga dengan kanebo. Ini merupakan langkah yang paling sederhana dan utama untuk menjaga kebersihan ransel. Hal ini bisa dilakukan pada semua bahan tas, bahan nilon maupun bahan parasut.
Nah kalau ada kotoran atau noda yang ga bisa hilang, Travelholic cukup menggosoknya dengan sikat gigi bekas yang sebelumnya dicelupkan di air shampo, kemudian angin-anginkan sampai kering. Ingat jangan menjemur langsung di bawah sinar matahari yah, karena paparan sinar ultra violet dapat merusak bahan ransel.
Khusus ransel yang berbahan nilon dengan bagian bodi dan tali umumnya diisi dengan busa, sebaiknya tidak merendamnya dalam air sabun karena akan membuat busa menjadi kempis dan merusak lapisan anti air yang ada di bagian dalam ransel.
Oh yah beberapa ransel sekarang ini dilengkapi bahan yang dapat memantulkan cahaya (fluorrescence), jadi sebaiknya jangan digosok terlalu keras karena akan membuat lapisan tersebut terkelupas.

5. Sebaiknya tidak membawa barang yang terlampau berat dan tidak sesuai dengan daya muat ransel Travelholic karena beban yang berat tentu akan merusak struktur jahitan.

6. Kalau ransel tersiram air hujan, segera keringkan dengan di jemur di tempat yang teduh (tidak terpapar matahari langsung) atau bisa juga diangin-anginkan.

7. Cek jahitan ransel, apabila ada robekan atau jahitan yang lepas segera jahitlah kembali. Apabila ada yang bolong segeralah tambal. Jika strapnya rusak atau menjadi keriting, bakarlah sedikit ujung yang rusak dengan api agar bagian yang bercerai-berai tersebut jadi satu lagi.
Cek juga resleting, segera perbaiki resleting yang rusak sebelum dia benar-benar tidak bisa dipakai.

8. Las but not least simpanlah ransel pada tempat kering dengan suhu ruangan dengan dibungkus kain flanel. Isi ransel dengan kertas roti sebagai pengisi agar bentuk ransel tidak berubah, sisipkan juga silica gel di dalamnya agar menghindarinya dari pelapukan yang bisa merusak bahan lapisan tahan airnya.

@hijabpacker – love backpack 😀

Reply