Surganya Para Diver

, Indonesia, Diving, Manado

Indonesia, Diving, Manado

Siapa sih yang ga pernah denger Bunaken? Namanya udah terkenal banget ampe seantero dunia..bahkan denger-denger justru lebih banyak turis asing yang mengunjungi Bunaken daripada orang kita sendiri 🙁

Bunaken itu sebenernya adalah sebuah pulau yang terletak di Teluk Manado. Pulau Bunaken memiliki luas kurang lebih 8 km². Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado loh.

 

Nah di sekitar Pulau Bunaken terdapat Taman Nasional Bunaken. Di dalam Taman Laut Bunaken ini, Travelholic dapat melihat berbagai kehidupan laut yang menakjubkan. Tercatat 13 genera karang hidup, 91 jenis ikan dan berbagai jenis moluska di perairan Taman Nasional Bunaken. Tapi yang paling menarik adalah tebing terumbu karang vertikal (hanging walls ) sampai sejauh 25-50 meter!!

Buat Travelholic yang sukaaa banget scuba diving, Bunaken adalah surga terbaik 🙂 Ada sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Sebagian besar titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Nah di wilayah inilah terdapat hanging walls. hanging walls ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Oh yah bagi Travelholic yang ga bisa scuba diving atau snorkeling ga usah khawatir, Travelholic bisa keliling Pulau Bunaken dengan berjalan kaki. Bahkan dengan berjalan kaki, Travelholic bisa nemu banyak spot foto yang keren di sini 🙂

Atau bisa coba keliling menggunakan kapal Katamaran, yaitu kapal yang dasarnya terdapat dinding-dinding kaca, jadi Travelholic tetap bisa menikmati pesona eksotisme biota laut Bunaken.

Taman Nasional Bunaken dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, yaitu dari Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit. Atau bisa juga dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit.

Waktu terbaik untuk kunjungan yaitu bulan Mei s/d Agustus setiap tahunnya, di bulan-bulan tersebut sangat ramai akan turis jadi pastikan Travelholic sudah memesan resor dan operator selam yah 😀

@hijabpacker – in love with Bunaken ^^

Reply