Amazing Danau Toba

Parapat Sumatera Utara

Parapat Sumatera Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi. Danau ini memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara loh, luasnya 1.707 km2 dan dalamnya bisa mencapai 450 meter.

Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang luasnya hampir seluas negara Singapura. Di tengah Pulau Samosir juga terdapat dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Danau Toba kini menjadi salah satu keajaiban wisata alam yang menakjubkan di nusantara, Daerah di sekitar Danau Toba memiliki hutan pinus yang tertata asri, serta terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Udaranya juga sangat bersih dan sejuk, cocok banget nih buat Travelholic yang mau refreshing dan santai – santai 🙂

Nah untuk mencapai Danau Toba gampang banget nih. Kalau Travelholic dari kota Medan bisa menggunakan bus menuju Parapat dengan tarif sekitar Rp. 22.000,-/orang dari terminal Bus Amplas Medan, dengan lama perjalanan sekitar 5 Jam. Pastikan kalau bus yang travelholic naiki adalah bus ekspres yah biar cepet sampai 🙂

Tapi kalau Travelholic mau lebih simple, bisa menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp. 450.000,- sudah termasuk driver dan bahan bakar.

Sebagai alternative lain, Travelholic juga bisa menggunakan kereta api loh untuk menuju Danau Toba. Perjalanan dengan kereta lebih seru loh karena Travelholic bisa menikmati pemandangan yang tak akan terlupakan, sangat indah dan lebih santai. Travelholic bisa naik kereta api api menuju Pematang Siantar atau Tebing Tinggi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Parapat dengan menggunakan Taxi.

Ga puas hanya bersantai – santai di Danau Toba nya? Nyebrang aja ke Pulau Samosir. Di Pulau Samosir selain aktifitas air, Travelholic juga bisa bersepeda dan hiking loh ..seru deh…Ada juga nih wisata sejarah asli masyarakat Batak Toba di Pulau Samosir, Travelholic bisa menemukan berbagai macam peninggalan zaman purbakala seperti kuburan batu Simando, Ambarita (meja batu tempat hukuman tradisional Batak) dan makam Raja Sidabutar yang usianya sudah 500 tahun. Ada juga Patung Sigale-Gale yaitu patung yang bisa menari – nari sendiri loh..katanya patung ini dirasuki arwah makanya bisa nari – nari sendiri…hiiyy..serem 😛

Pemandangan eksotis lain bakal Travelholic dapatkan ketika naik ferry dari Parapat menuju Pulau Samosir, suasananya tenang banget.
Menyebrang dengan ferry cukup membayar Rp. 8000,- /orang, murah meriah kan 😀 Ferry akan bersandar di Tuktuk Siodang, Pulau Samosir. Tuktuk adalah salah satu tempat yang tepat untuk menikmati danau Toba, di sini juga banyak terdapat hotel & penginapan.

Masih nyari tempat wisata atau bosan dengan tempat wisata yang ramai?? Di sini nih.. Travelholic bener – bener bisa bersantai dengan tenang sambil menikmati danau vulkanik terbesar ke dua di dunia!
Datang yuk ke Danau Toba, dan nikmati keindahan wisata alam negeri sendiri..Cuma di Indonesia 🙂

@hijabpacker – proud to have Danau Toba in my country ^^

2 Comments

Reply