Makam Sidabutar

Di Tano Batak, sama hal nya di Tana Toraja, Travelholic bisa melihat makam dimana-mana. Makam tersebut kadang berupa tugu, batu, rumah adat, hingga bangunan unik. Nah makam juga bisa jadi objek wisata yang unik di Sumatera Utara 🙂 Salah satunya yang terkenal adalah Makam Raja Sidabutar yang terletak di Pulau Samosir, makam ini terbuat dari batu utuh tanpa persambungan loh dan merupakan makam terbesar yang ada di Tomok. Makam ini dipahat dan di ukir sebagai tempat peristirahatan Raja Sidabutar penguasa kawasan Tomok pada masa itu.

Konon Raja Sidabutar telah menyiapkan makamnya sendiri selagi Beliau hidup. Raja Sidabutar memanggil para tukang pahat handal yang ada di Samosir, dan upacara khusus pun di gelar sebagai pertanda awal pembuatan makam ini.

Raja Sidabutar adalah Raja di desa Tomok pada masa sebelum dan sesudah masehi. Beliau di sebut – sebut sebagai orang pertama yang menginjakan kaki di Tomok. Desa tersebut diberi nama TOMOK, yang berarti gemuk dalam bahasa Batak Toba, mungkin karena tanah di desa ini sangat subur kali yah..:D

Raja Sidabutar juga merupakan orang pertama yang menganut Malim/Parmalim, yaitu agama tradisional masyarakat Batak. Sebagian masyarakat Batak kini masih menganut Malim ini loh, pusat Malim ada di Laguboti, Toba Samosir.

Menurut cerita yang berkembang Raja Sidabutar adalah orang yang sangat sakti. Mirip – mirip cerita Samson nih…kesaktian Raja Sidabutar ada di rambutnya, jadi apabila rambut Beliau di potong hilang pula lah kesaktiannya.

Oh yah di kompleks makam ini ada juga loh makam Permaisuri Raja Sidabutar, yaitu Permaisuri Boru Damanik. Makam permaisuri ditandai dengan ukiran kepala yang kecil di atas makam.
Penasaran kan,  Yukk ke Samosir…:D

@hijabpacker – love your history

One Response

Reply