Heinrich Harrer

Heinrich HarrerHeinrich Harrer adalah seorang pendaki gunung, olahragawan, dan penulis berkebangsaan Austria.

Beliau sangat dikenal melalui karyanya yaitu 7 Years in Tibet yang sangat fenomenal. Lahir di Huttenberg, Austria  pada tahun 1912, dan sempat menjadi orang pertama yang mendaki sisi utara Gunung Eiger di Swiss pada 24 Juli 1938.

Harrer sempat menjadi anggota Partai Nazi, dan karena hal inilah pada tahun 1939 Harrer di tangkap oleh Pasukan Inggris di India ketika hendak mendaki Eiger dari sisi utara.

Pada tahun 1944, Harrer berhasil melarikan diri, dan kemudian akhirnya tiba di Kota Suci Lhasa, Tibet. Di Tibet, Harrer berkenalan dengan Dalai Lama, yang ketika itu masih berusia 10 tahun. Selama tujuh tahun di Tibet, Dalai Lama menjadi tutor  serta sahabat bagi Harrer.

Pada tahun 1950, China menginvasi Tibet, dan Harrer pun terpaksa kembali ke Austria.

Beberapa gunung yang pernah didaki oleh Harrer antara lain Gunung Deborah dan Gunung Hunter di Alaska pada tahun 1954, Andes, Ruwenzori, dan berhasil menjadi orang pertama yang mendaki Puncak Jaya, Papua pada tahun 1962.

Heinrich Harrer tutup usia pada 7 Januari 2006 di Friesach, Austria di usia 93 tahun.

Wherever I live, I shall feel homesick for Tibet.
I often think I can still hear the cries of wild geese and cranes
and the beating of their wings as they fly over Lhasa in the clear cold moonlight.My heartfelt wish is that my story may create some understanding for a people whose will to live in peace and freedom has won so little sympathy from an indifferent world.
—Seven Years in Tibet by Heinrich Harrer

Source : Wikipedia, harrerportfolio.com

@hijabpacker

No Responses

Reply