Eksotisme Pulau Ular di Timur Bima

Travelholic, ga cuma Brazil yang punya Pulau Ular, di Nusantara ini pun punya yang namanya Pulau Ular. Yap sesuai dengan namanya, pulau cantik ini hanya dihuni oleh ular. Etapi ga sembarang ular loh, ular- ular di pulau ini, ular di pulau ini sangat jinak padahal ular laut loh yang terkenal sangat beracun. Ular ini sama sekali tidak akan menggigit atau melilit walaupun dipegang oleh manusia. Selain itu uniknya ular di sini memiliki ekor yang pipih dan kulit yang bersirip seperti ikan.

Konon menurut legenda yang berkembang di masyarakat setempat, ular ini merupakan jelmaan para penumpang dan ABK Kapal Portugis yang terdampar di perairan Wera, Masyarakat pun meyakini bahwa Kalau ada yang membawanya keluar dari daerah itu, ular tersebut akan segera kembali ke komunitasnya lagi. Dan kalau tidak bisa kembali, dipercayai akan mendatangkan bencana bagi masyarakat setempat, makanya mereka sangat menjaga kelestarian satwa itu.

Penasaran ama Pulau Ular? Nah, Pulau Ular ini terletak di Bima Timur, tepatnya di Desa Pai. Pulau Ular berjarak 400 – 500 meter dari Pulau Sumbawa. Serunya lagi dari pulau ini Travelholic bisa melihat Gunung Api Sangiang yang terus diselimuti kabut serta keindahan pulau-pulau karang lainnya.

Untuk menuju Pulau ini gampang banget, dari Kota Sape, Bima Timur Travelholic bisa naik ojek selama 45 menit dengan tarif sekitar Rp. 30.000 – 40.000 menuju Desa Pai. Kemudian dari desa ini, bisa dilanjutkan dengan perahu kayu yang telah disediakan oleh masyarakat setempat seharga Rp. 50.000,- dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Nah Travelholic, kalau kebetulan ada rencana jalan – jalan ke Lombok mampir juga yuk ke Bima, sekalian nikmatin keindahan dan keunikan Pulau Ular di Bima Timur 🙂

@hijabpacker – beach junkie ^^

Reply