Go Green Selama Traveling

Traveling tapi ga go green? Mmm yah percuma sih yah ^^

karimunjawaTravelholic, selain menikmati keindahan alam adalah wajib hukumnya untuk nge jaga keindahannya juga. Kalau jalan-jalan tapi justru merusak yah rasanya miris banget yah…
Nih berikut tips untuk tetap bisa ngejaga keasrian lingkungan walau sambil jalan-jalan..cekidot yuu.. 😀

1.    Perhatikan konsumsi makanan
Jadilah kritis, hati-hati dalam memesan makanan di tempat wisata terutama menu sea food. Yah ga perlu sampai interview pelayan restorannya darimana asal ikan atau menu-menu yang lain. Tapi cukup dengan tidak mengkonsumsi ikan atau hewan laut yang dilindungi, misalnya baby shark.

2.    Bawa botol minum sendiri
Memang akan lebih praktis untuk membeli minuman kemasan, tapi justru hal kecil ini yang makin menumpuk sampah plastic loh. Cobalah membawa botol minuman sendiri, selain lebih higienis dan hemat, membawa botol sendiri efektif mengurangi sampah plastik loh.

3.    Stop tisu
Apalagi yang cewe-cewe susah banget lepas dari yang namanya tisu. Tapi tau ga Travelholic, berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk memproduksi satu pack tisu?
Nah jadi sebaiknya stop menggunakan tisu, minimal kurangi penggunaan tisu.  Selalu sediakan handuk kecil selama traveling untuk mengeringkan wajah dan tangan.

4.    Matikan kran air
Seringnya traveler justru boros dalam penggunaan air ketika traveling 🙁
Baik itu untuk berendam ataupun terus membiarkan kran air menyala. Sebaiknya stop kegiatan berendam, pilihlah mandi menggunakan shower karena air yang digunakan lebih sedikit. Kemudian jangan biarkan kran air tetap menyala pada saat menyikat gigi atau mencuci muka. Ingatlah untuk selalu berhemat air bersih.

5.    Be friendly with nature
Buat Travelholic yang doyan muncak, jaga selalu keasrian alam yah, selalu bawa pulang sampah yang ada. Jangan malah ditinggal di atas. Berhemat juga dengan kayu-kayu bakar, gunakan kayu yang memang sudah jatuh ke tanah, jangan ,malah menebang pohon yang masih utuh 🙁 Pendaki sejati ga akan ninggalin jejak 🙂
Buat Travelholic yang cinta banget ama wisata bahari, berhati-hati ketika diving atau snorkeling. Jangan sampai hobby kita malah merusak alam. Jangan merusak terumbu karang, jangan gunakan sabun untuk mencuci perlengkapan snorkeling atau diving juga pilihlah sunblock yang ramah lingkungan. Percaya ga percaya sunblock yang banyak di pasaran dan yang sering kita pakai, susunan kimianya malah berbahaya untuk ekosistem laut. Nah, jadi berhati-hatilah.

Nah itu dia beberapa tips biar tetap go green selama traveling, kalau Travelholic ada tips lain mohon inputnya yah.. 😀
@hijabpacker – #saveshark

Reply