Candi Terbesar di Asia Tenggara

Travelholic, pasti udah akrab banget kan dengan yang namanya candi. Candi adalah sebuah bangunan yang dibuat pada masa purbakala dan difungsikan sebagai tempat keagamaan dari peradaban Hindu dan Budha.

Kita biasanya nemuin candi di Tanah Jawa, tapi candi bisa kita temukan juga di Sumatera dan Kalimantan loh..

Salah satu provinsi di Sumatera yang memiliki candi adalah Provinsi Jambi, yaitu Kawasan Candi Muaro Jambi.
Berlokasi di Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo, Kawasan Candi Muaro Jambi merupakan kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia. Diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, yaitu sekitar abad ke 11 M.

Ditemukan pada tahun 1824 oleh S.C. Crooke, Kawasan Candi Muaro Jambi memiliki luas sebesar 12km. Diperkirakan kawasan ini terdapat lebih dari 61 buah candi, namun baru sembilan buah yang telah dipugar.

Sembilan candi yang telah dipugar di antaranya yaitu :
•    Candi Gumpung
Terletak di pusat kunjungan wisata Kawasan Candi Muaro Jambi, dan berhadapan dengan museum situs. Candi Gumpung dikelilingi oleh tembok – tembok tinggi dengan gapura utamanya berada di timur candi. Di dalam candi ini terdapat banyak peninggalan purbakala, beberapa di antaranya sekarang disimpan di museum situs.

•    Candi Tinggi
Terletak di arah timur laut dari Candi Gumpung. Di dalam candi ini terdapat tulisan prenagari yang digoreskan pada bata – bata kuno.

•    Candi Kembar Batu
Nah untuk candi ini berada sekitar 250m kea rah tenggara dari Candi Tinngi. Candi ini di batasi parit dan ditemukan sebuah gong kuno yang terbuat dari perunggu. Gong ini bertuliskan huruf Cina. Selain itu ditemukan juga keramik dari masa dinasti Sung. Kesemuanya ini sekarang berada di museum situs.

•    Candi Gedong 1 dan 2
Ada dua Candi Gedong, yaitu Gedong1 dan Gedong 2 yang letaknya saling berdampingan. Candi Gedong 1 berada di sisi timur dan Candi Gedong 2 di sisi barat, namun keduanya sama – sama memiliki tangga masuk dari sisi timur. Temuan penting yang ada di sini adalah arca Gajah Singa.

•    Candi Vando Astano
Candi ini berada 1.2 km ke arah timur dari Candi Tinggi. Bentuknya yang berbeda dengan yang lain  menjadikan candi ini unik. Candi ini memiliki 12 sisi, dan merupakan penggabungan dari tiga bangunan yang berbeda usia, diperkirakan fungsi bangunan ini adalah sebagai tempat untuk kremasi. Karena Candi ini merupakan kawasan pemakaman. Dimana Astano sendiri artinya makam atau kuburan

•    Candi Kedaton
Baru – baru ini beberapa mahasiswa Ilmu Budaya UI menemukan beberapa sumur atau sumber air di area Candi Kedaton. Diperkirakan area Candi Kedaton merupakan tempat tinggal para pendeta Budha. Candi Kedaton merupakan candi terbesar yang ada di Kawasan Candi Muaro Jambi.

•    Candi Kotomahligai
terdapat banyak pohon besar di kawasan candi Kotomahligai. Pohon ini dikenal sebagai Pohon Sialang. Candi Kotomahligai terdapat di bawah batang pohon-pohon itu.

•    Telago Rajo
Terletak di dekat sebuah telaga, yang bernama Telago Rajo. Omong – omong kalau berada di sini kita ga boleh ngomong sembarangan loh 

Nah, buat Travelholic yang suka dengan wisata sejarah, kayanya wajib deh ke Kawasan Candi Muaro Jambi ini. Candi Muarojambi tidak terlalu jauh dari Kota Jambi cuma berjarak sekitar 40 kilometer aja. Lokasinya berada tepat di alur Sungai Batanghari jadi bisa sekaligus wisata alam nih ^^

@hijabpacker – learn to appreciate nature

2 Comments

Reply