Kerinci: Teras Langit Keindahan Alam Sumatra

Apakah Anda suka berwisata di daerah pegunungan? Di Indonesia, banyak terdapat gunung-gunung yang terkenal sebagai destinasi wisata seperti Bromo, Semeru, Rinjani, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa ada satu gunung lagi yang selama ini kurang popular sebagai destinasi wisata pegunungan tetapi keindahannya tidak kalah dibanding dengan gunung-gunung di atas? Gunung tersebut adalah Gunung Kerinci. Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung ini berlokasi di jajaran Bukit Barisan yang terkenal itu. Secara umum, banyak orang mengaitkan Bukit Barisan dengan Sumatra Barat, dan itu benar, tapi banyak orang tidak tahu bahwa jajaran Bukit Barisan juga ada di wilayah Jambi juga. Nah, Gunung Kerinci terletak di wilayah Jambi, bukannya di Sumatra Barat.

Apa yang menarik dari gunung ini adalah pemandangan yang didapat ketika kita berada di puncaknya. Pemandangan alam yang terbentang di bawahnya sangat menakjubkan. Anda bisa melihat Samudera Hindia yang luas di kejauhan berpadu dengan pantai indah dan ngarai-ngarai indah khas Sumatera.  Anda juga bisa melihat sebuah danau yang keindahannya tidak kalah dibanding dengan danau-danau di Amerika Utara. Nama danau tersebut adalah Danau Gunung Tujuh. Jika Anda ingin melihat perwakilan keindahan dari seluruh Sumatra, memang sudah seharusnya Anda mendaki Gunung Kerinci dan melihat dari puncaknya.
Jika Anda berkunjung kesana, tidak hanya keindahan alam saja yang Anda dapatkan, karena Anda dapat melihat kehidupan beraneka satwa dan flora khas Sumatra yang sangat menarik. Hewan asli daerah Gunung Kerinci adalah tapir, siamang, monyet ekor panjang, gajah, dan sekitar 130 jenis burung hutan. Apakah Anda pernah mendengar tentang bunga Raflesia yang terkenal itu? Ya! Bunga itu adalah salah satu flora khas Gunung Kerinci.
Jika Anda ingin berwisata ke sana, maka sangat disarankan Anda mengetahui secara garis besar bagaimana mencapainya. Pertama-tama Anda harus sampai di Kota Jambi, ibukota Provinsi Jambi dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Sungai Penuh yang merupakan ibukota dari Kabupaten Kerinci. Jarak yang ditempuh lumayan jauh, yaitu lebih dari 400 km, dan karena kondisi jalan dapat ditempuh selama 8 hingga 10 jam. Sangat disarankan bagi Anda yang sering mabuk darat, untuk pergi ke Kerinci dari Padang, ibukota Provinsi Sumatra Barat, karena jarak yang ditempuh hanya separuhnya yaitu sekitar 200 km.
Walaupun terletak di Provinsi Jambi, tapi Gunung Kerinci lebih dekat ke Padang daripada ke Kota Jambi. Dari Sungai Penuh, Anda harus melanjutkan ke desa-desa yang paling dekat dengan Gunung Kerinci. Salah satu yang terkenal adalah Desa Kersik Tuo. Dari Sungai Penuh ke Kersik Tuo dapat memakan waktu 1 jam. Sesampai di Kersik Tuo, Anda dapat dengan mudah menemukan jasa-jasa pemandu gunung atau suplai makanan yang Anda perlukan selama melakukan pendakian. Hindari musim hujan, karena jalan akan licin dan waktu yang Anda perlukan untuk berwisata bisa melonjak menjadi 2 kali lipat karena buruknya medan pada waktu musim hujan. Siapkan ransel… Selamat berlibur….

Reply