Pesona dan Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Kawah yang terletak di Ciwidey, Jawa Barat ini merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang terdapat di kawasan ini berwarna putih karena tercampur dengan unsur belerang. Danaunya juga memiliki air yang berwarna putih kehijauan dan bisa berubah tergantung dari kadar belerangnya, suhu, serta cuacanya.
Kawah yang terletak di ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu udara 8 derajat Celsius hingga 22 derajat Celsius. Selain menikmati keindahannya, para wisatawan juga sering melakukan kegiatan lainnya, seperti mengambil gambar film, melukis, foto pengantin, hingga kegiatan mendaki dan berkuda.
Sejarah Kawah Putih
Cerita tentang Kawah Putih mulai ada sejak abad ke 10 setelah Gunung Patuha meletus. Setelah terjadi letusan, kawasan ini dianggap angker karena setiap burung yang melewati kawasan tersebut akan mati. Kepercayaan tersebut akhirnya pudar karena kedatangan seorang ahli botani berasal dari Jerman dengan nama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn membuktikan bahwa kematian burung – burung tersebut disebabkan karena adanya sebuah danau indah berwarna putih yang memiliki kandungan belerang dengan bau yang sangat menyengat. Sejak saat itu, pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih Ciwidey menjadi tempat wisata berupa danau yang dapat berubah warna.

gerbang-kawah-putih
Cara ke Kawah Putih
Kawah Putih yang terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan rute dari Jakarta melalui jalur tol Cipularang dan keluar di pintu tol Kopo. Kemudian menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey.
Kawah ini juga dapat diakses dengan menaiki angkot dari terminal Leuwi Panjang tujuan terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot untuk menuju ke Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.
Fasilitas di Kawah Putih
Beberapa fasilitas penunjang yang berada di Kawah Putih Ciwidey, antara lain sebagai berikut :
1.    Area parkir yang luas.
2.    Transportasi dari gerbang depan untuk menuju kawah.
3.    Mushola.
4.    Pusat informasi.
5.    Toilet.
6.    Warung makanan dan restoran

Tiket Masuk Menuju Kawah Putih Ciwidey
Harga tiket masuk yaitu 15.000 rupiah per orang baik pada hari biasa maupun hari libur atau akhir pekan, sementara tarif kendaraannya adalah sebagai berikut :
Parkir atas (motor)    : Rp 35.000,00
Parkir atas (mobil)    : Rp 150.000,00
Ontang-anting        : Rp 13.000,00
Parkir bawah (motor)    : Rp 5.000,00
Parkir bawah (mobil)    : Rp 6.000,00
Parkir bawah (bus)    : Rp 25.000,00
Tarif parkir atas dikenakan apabila kendaraan dibawa hingga lokasi kawah. Sementara parkir bawah hanya memarkir kendaraan di gerbang masuk dan melanjutkan perjalanan menggunakan ontang – anting yang merupakan sebutan bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey yakni mini bus terbuka berkapasitas 12 orang.
Jam buka Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey buka setiap harinya mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.
Tips wisata Kawah Putih Ciwidey
Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut agar perjalanan wisata ke Kawah Putih menjadi lebih nyaman.
1.    Gunakan sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih.
2.    Gunakan masker jika tidak kuat dengan bau belerang.
3.    Jika tidak membawa masker, Anda dapat membelinya di lokasi.
4.    Jangan terlalu lama berada di kawah karena bisa membuat pernafasan terganggu.
5.    Jika rombongan terdiri dari sedikit orang, maka kendaraan sebaiknya di parkir di bawah dan melanjutkannya menggunakan ontang – anting.

Reply