Saung Angklung Udjo, Sebuah Wisata Budaya dan Kesenian di Bandung

Saung Angklung Udjo adalah sebuah pusat untuk pelestarian dan juga pertunjukan kebudayaan tradisional yang berada di Kota Bandung. Di sini, para orang tua dapat mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak – anak yang saat ini sudah sangat jarang ditemui di kota – kota besar.
Saung Angklung Udjo bahkan sering memperoleh kunjungan dari rombongan sekolah yang ingin belajar tentang kebudayaan tradisional. Para wisatawan asing juga sering datang ke tempat wisata ini untuk menikmati keindahan suara angklung yang menyejukkan hati.
Pendiri dan sejarah Saung Angklung Udjo
Tempat wisata ini didirikan oleh Udjo Ngalagena dengan istrinya, Uum Sumiati pada tahun 1966 dengan tujuan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Udjo Ngalagena merupakan seorang seniman angklung dari Jawa Barat. Seniman yang lahir pada tanggal 5 Maret 1929 ini merupakan putra nomer enam dari Bapak Wiranta dan Ibu Imi..
Udjo Ngalagena juga mempelajari gamelan, kecapi, seni bela diri tradisional yakni pencak silat, serta beberapa lagu daerah berbahasa Indonesia dan Belanda. Udjo Ngalagena wafat pada tanggal 03 Mei 2001. Namun, Saung Angklung Udjo tetap diteruskan oleh anak – anaknya hingga saat ini.
Pertunjukan di Saung Angklung Udjo
Pertunjukan seni akan ditampilkan setiap harinya, mulai pukul 15.30 hingga 17.30. Berikut ini merupakan beberapa pertunjukan yang bisa Anda saksikan ketika berada di Saung Angklung Udjo :
1.    Helaran, pertunjukan angklung yang bernada pentatonis.
2.    Demonstrasi wayang golek, pementasan sandiwara dengan menggunakan boneka kayu khas Sunda.
3.    Tari Topeng, tarian khas Cirebon oleh perempuan dengan menggunakan media topeng.
4.    Angklung Orkestra, akan memainkan beragam jenis lagu, mulai dari balonku, twinkle – twinkle little star, hingga lagu dangdut maupun daerah Indonesia.
5.    Bermain angklung bersama, pengunjung akan memainkan angklung dengan bimbingan Saung Angklung Udjo dalam waktu yang sangat singkat.
6.    Menari bersama, anak – anak dari Saung Angklung Udjo akan mengajak pengunjung untuk menari dan bernyanyi bersama.
Fasilitas Saung Angklung Udjo
Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang tersedia di Saung Angklung Udjo :
1.    Bale Karesemen, tempat berkumpul yang juga digunakan sebagai lokasi pertunjukan seni.
2.    Buruan Sari Asih, tempat untuk bersantai sembari menikmati suasana khas Sunda.
3.    Pusat Produksi Angklung, tempat untuk melihat dan belajar cara membuat angklung yang terbaik di Indonesia.
4.    Sentra Penyuluhan Kehutanan, ini adalah merupakan unit kegiatan yang bekerja sama dengan departemen kehutanan untuk memberikan penyuluhan tentang pemeliharaan pohon dalam upaya pelestarian lingkungan.
5.    Saung dan dapur Udjo, tempat berkumpul sembari menikmati kuliner dan suasana khas Sunda.
Saung Angklung Udjo juga mempunyai lahan parkir yang luas, toko souvenir, serta toilet yang bersih.
Lokasi Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka Nomor 118, kota Bandung. Untuk menuju ke sini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta keluar tol Pasteur – lurus terus, naik fly over melalui Jalan Surapati dan Jalan Ph. Hasan Mustapa – mengikuti papan penunjuk jalan Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka dengan jarak sekitar 200 meter.
Jika menggunakan angkot, Anda dapat naik angkot nomor 06 dari Surapati dengan rute Cicaheum – Ciroyom (arah Cicaheum) – turun di perempatan Padasuka – berjalan kaki sekitar 500 meter atau naik ojek untuk menuju Saung Angklung Udjo.

Tiket masuk gratis untuk anak – anak usia di bawah 3 tahun.
Tiket masuk sudah termasuk minuman dengan pilihan berupa es lilin, air mineral, atau teh, serta souvenir gantungan kunci berbentuk angklung.

Reply