Gentala Arasy Ikon Baru Kota Jambi

Kota Jambi kini bisa berbangga dengan icon barunya, yaitu Jembatan Gentala Arasy_ sebuah jembatan khusus untuk pejalan kaki.

Total panjang jembatan ini adalah 532 meter, membentang di atas Sungai Batanghari, menghubungkan Kota Jambi dengan Seberang Kota Jambi (Sekoja). Yang membuat jembatan ini unik dan berbeda adalah desainnya yang berliku membentuk huruf “S”.

 

Jembatan Gentala Arasy ini berdiri tepat di Depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, di Jalan Sultan Thaha dan ujungnya terhubung langsung dengan Menara Gentala Arasy di Seberang Kota Jambi, Kelurahan Arab Melayu.

Menara Gentala ArasyMenara Gentala Arasy sendiri memiliki tinggi sekitar 85 meter, dan di atas puncaknya terletak sebuah jam besar_mirip dengan Jam Gadang di Kota Padang. Para wisatawan diperbolehkan naik ke atas untuk menikmati panorama Sungai Batanghari serta kota Jambi. Lantai dasar Menara Gentala Arasy diperuntukan sebagai museum yang menceritakan tentang sejarah bagaimana islam bisa masuk dan tersebar di wilayah Jambi.

Menurut petugas di Menara, nama “Gentala Arasy” diberikan oleh budayawan Jambi H.Junaidi T Noor. Yang artinya “lonceng pengatur waktu yang menjulang tinggi”, sedangkan kata “Arasy” adalah singkatan dari Abdurrahman Sayuti. Yaitu, nama salah seorang Mantan Gubernur Jambi yang berasal dari Seberang Kota Jambi.

Selain untuk meningkatkan volume wisatawan ke kota Jambi, Jembatan & Menara Gentala Arasy di harapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat khususnya yang berada di Seberang Kota Jambi.

Oh yah, sebagai tambahan informasi, Gentala Arasy ini di resmikan oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 12 February 2015.

So Jambi, selamat yah 🙂

Gentala Arasy 2

note : semua foto di ambil sambil naik getek ^^

Reply