Keindahan Masjid Seribu Tiang di Tanah Pilih Pesako Betuah

Karena saking penasarannya akan keindahan Masjid Seribu Tiang, malam pertama di Kota Jambi langsung saya sempatkan untuk mengunjungi masjid ini.

Dengan modal alamat yang saya dapat dari Google dan petunjuk dari reception hotel tempat saya menginap, langsunglah saya berangkat dengan berjalan kaki. Kebetulan hotel tempat saya menginap berlokasi di Jalan Sultan Thaha, sama dengan Masjid Seribu Tiang.

Sayangnya pada saat saya keluar dari lobby hotel, listrik di daerah Sultan Thaha mati.., wah lumayan gelap juga jalannya. Dengan hati-hati saya menyusuri Jalan Sultan Thaha dalam keadaan gelap.

Yang cukup berkesan buat saya, walaupun keadaan jalan yang remang-remang dan harus melewati pasar Angso Duo, tapi alhamdulillah semuanya aman. Bahkan tidak ada orang iseng yang menggoda.., padahal beberapa kali saya menemui pria-pria yang nongkrong di pinggir jalan yang gelap.

Menurut saya Jambi cukup aman lah untuk wisatawan perempuan 🙂

Setelah berjalan kaki sekitar 25 menit, akhirnya tiba juga di Masjid Seribu Tiang, masjid ini berlokasi di Jalan Sultan Thaha No.60 Kelurahan Lehok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi berdekatan dengan Pasar Angso Duo.

Sesampainya di masjid, saya sempatkan dulu untuk shalat Isya dan kemudian menikmati keidahan masjid ini.

al falah 1

Dikenal dengan nama Masjid Seribu Tiang, namun aslinya hanya memiliki 256 buah tiang. Masjid Seribu Tiang memiliki nama asli Al Falah yang bermakna Kebebasan. Al Falah merupakan masjid terbesar di Kota Jambi, resmi berdiri pada 29 September 1980 dan diresmikan oleh Alm. Bapak Presiden Soeharto.

Masjid Al Falah berdiri di atas tanah seluas lebih dari 2,7 hektar dengan luas bangunan adalah 6.400 m2, dan mampu menampung 10 ribu jamaah sekaligus.

Bangunan masjid dirancang anti gempa dan tanpa pintu dan jendela. Di dalam ruangan masjid, terdapat 40 tiang besar yang bagian dihiasi dengan ukiran kayu. Bagian tubuh tiang terbuat dari tembaga kuningan yang didatangkan dari daerah Jepara, Jawa Tengah.

 

Interior ruangan masjid inipun sangat indah, bagian lingkaran dalam kubah berhiaskan kaligrafi berwarna emas yang indah. Di tengahnya tergantung lampu kristal besar yang tak kalah indah.

al falah 3

Buat Travelholic yang berencana datang ke Jmbi, jangan lupa sempatkan untuk mampir dan menikmati keindahan Masjid Seribu Tiang ini 🙂

 

note : asli tenang & sejuk banget di dalam masjid ini ^^

Reply