10 Obyek Wisata Yang Paling Menarik di Pontianak

Pontianak merupakan salah satu wilayah di dunia yang dilalui oleh garis imajinasi yang membagi bumi menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan. Kota yang terkenal akan garis khatulistiwa serta Sungai Kapuasnya ini juga mempunyai banyak tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Masjid Jami Pontianak
Masjid yang menjadi saksi bisu asal mula kota Pontianak ini memiliki empat lantai yang di dalamnya terdapat empat pilar utama yang terbuat dari kayu belian dengan diameter 0,5 meter. Masjid ini dapat menampung jamaah sebanyak 1.500 orang.
2.    Rumah Betang Radakng
Bangunan yang merupakan replika rumah adat suku Dayak ini berbentuk rumah panggung dengan panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Rumah miliki pemerintah ini terbuat dari bahan kayu ulin serta dihiasi dengan ukiran dan lukisan khas Dayak.
3.    Sinka Island Park
Di taman rekreasi terpadu yang terletak di Teluk Ma’jantuh, Singkawang ini terdapat kebun binatang, kolam renang, hingga pantai. Pulau ini sering disebut sebagai pulau yang paling kecil di dunia. Namun, meski kecil, di sini terdapat sebuah klenteng untuk tempat peribadatan.
4.    Museum Kalimantan Barat
Museum yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani ini terbagi atas tiga zona yang masing – masing mempunyai berbagai koleksi berbeda, mulai dari artefak, benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Cina.
5.    Tugu Khatulistiwa
Tugu yang menjadi kebanggaan warga Pontianak ini terdiri dari empat pilar kayu belian dengan dua pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pilar di bagian depan. Di sini juga terdapat museum yang berisi informasi tentang garis imajinasi bumi serta toko suvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa.

taman-alun-alun-kapuas-yang-mempesona
6.    Taman Alun – alun Kapuas
Taman dengan luas 3 hektar ini mempunyai replika Tugu Khatulistiwa yang terdapat di salah satu sudutnya. Di sini juga disediakan banyak bangku yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati sajian kuliner yang banyak tersedia di sekitar taman.
7.    Aloe Vera Center
Tempat wisata yang merupakan lokasi budidaya tanaman lidah buaya ini terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Di sini terdapat lidah buaya yang memiliki ukuran raksasa. Anda juga dapat melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi berbagai makanan seperti dodol, permen, dan tepung.
8.    Pantai Pasir Panjang
Pantai yang memiliki pasir putih, air jernih kebiruan, serta deretan pohon ini memiliki fasilitas yang tergolong lengkap, mulai dari cottage, hotel, restoran, toko suvenir, hingga diskotik. Di sini, Anda dapat duduk bersantai, berenang, bermain voli, memancing, atau berselancar.
9.    Keraton Kadriah
Keraton yang terletak di Jalan Tritura ini terbuat dari kayu belian dan didominasi oleh warna kuning. Di dalamnya terdapat beberapa benda bersejarah seperti meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis, foto – foto dan singgasana sultan beserta permaisuri, pakaian sultan, serta sebuah Al Quran yang ditulis dengan tangan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.
10.    Makam Kesultanan Batulayang
Kompleks pemakaman dari tujuh sultan Pontianak beserta keluarganya ini memiliki sebuah gundukan batu yang berwarnai hijau. Batu tersebut sering disebut sebagai batulayang.

Reply