10 Obyek Wisata Yang Sangat Terkenal di Makassar

Makassar memang terkenal dengan kuliner khasnya, namun kota ini juga mempunyai beragam tempat wisata yang indah. Tidak hanya Pantai Losarinya, Makassar juga memiliki berbagai tempat wisata andalan yang lainnya. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Makasaryang wajib Anda kunjungi saat sedang berada di sana.
1.    Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian air panas yang berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng ini memiliki lima buah kolam dengan kedalaman serta ukuran suhu yang berbeda – beda. Berendam di Air panas ini dipercaya mampu menyembuhkan segala penyakit kulit serta rematik karena belerang yang dikandungnya.
2.    Jalan Somba Opu
Jalan Somba Opu merupakan kawasan yang menjual beragam oleh – oleh khas dari Makassar, mulai dari kerajinan, makanan khas, hingga minyak gosok cap tawon. Selain itu, oleh – oleh lainnya yang cukup populer ialah miniatur kapal phinisi yang diletakan di dalam botol.
3.    Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar merupakan sebuah ikon tempat wisata modern yang berada di kota ini. Tempat wisata yang dibuka pada tanggal 20 Mei 2009 berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Tempat wisata ini memiliki 21 wahana serta empat zona permainan yakni Studio Central, Lost City, Cartoon City, dan Magic Corner.
4.    Tanjung Bira
Pantai yang terletak sekitar 200 km dari kota Makassar ini terkenal akan pasirnya yang selembut dan seputih bedak bayi serta airnya yang jernih kebiruan. Di sini Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berenang, snorkeling, berjemur, atau duduk sembari menikmati pemandangan matahari terbit maupun tenggelam.
5.    Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Maros atau 45 km dari pusat kota Makassar ini memiliki luas 43.750 hektar yang terdiri dari bukit kapur, air terjun, dan juga gua. Di sini terdapat 250 jenis kupu – kupu yang memang menjadi maskot bagi tempat wisata ini. Selain melihat kupu – kupu lengkap dengan faxe hidupnya, Anda juga dapat melakukan hal lain seperti bermain flying fox, berenang, bermain di bawah air terjun, atau menjelajahi gua.
6.    Taman Laut Taka Bonerate
Taman laut yang terletak di kota Benteng, Kepulauan Selayar ini merupakan tempat yang cocok bagi para penyelam ataupun snorkeling. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang sembari berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu, serta kura-kura. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke sini ialah antara bulan April hingga Mei. Namun, Anda harus mendapatkan izin dari Balai Taman Nasional terlebih dahulu saat akan melakukan penyelaman.
7.    Malino
Tempat wisata yang terletak sekitar 90 km dari pusat kota Makassar ini berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara antara 10 hingga 26 derajat Celcius. Di kawasan ini terdapat tempat menarik yang dapat Anda kunjungi sepertii Air Terjun Seribu Tangga, Air Terjun Takapala, kebun teh, lembah biru, serta bunker peninggalan Jepang. Anda juga dapat membeli beberapa makanan khas seperti dodol ketan, buah markisa, dan apel untuk oleh – oleh.

senja-di-pantai-losari
8.    Pantai Losari
Pantai yang tidak memiliki pasir ini berada di Jalan Penghibur, Kota Makassar. Di tempat wisata ini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti memancing, main sepeda air atau naik banana boat, berlayar menggunakan perahu, serta menikmati kuliner khasnya, mulai dari coto, sop konro, pisang epe, hingga es pallu butung.
9.    Benteng Rotterdam
Benteng yang berbentuk seperti seekor penyu yang sedang merangkak ini didirikan oleh dibangun raja Gowa-Tallo ke-9 pada tahun 1545. Di dalamnya terdapat 13 bangunan, lima buah menara yang salah satunya berada di pintu masuk, sementara yang lainnya ada di setiap sudut benteng, sebuah museum yang menyimpan berbagai benda peninggalan kerajaan dahulu, serta ruangan yang merupakan tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.
10.    Danau Tempe
Danau yang berada di bagian barat darii Kabupaten Wajo, dan danau ini  sangat terkenal sebagai tempat penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Di sini Anda dapat melakukan beberapa hal seperti memancing, berkeliling dengan meyewa perahu nelayan, atau membeli ikan segar maupun sayuran yang ditanam di sekitar danau.

Reply