10 Obyek Wisata Paling Ramai Dikunjungi di Banjarmasin

Kota yang terkenal akan pasar tradisional di atas air ini juga sering disebut sebagai Kota Seribu Sungai’ karena dilalui oleh banyak sungai. Kota ini juga mempuyai banyak tempat wisata menarik yang wajib untuk Anda kunjungi, diantranya adalah sebagai berikut :
1.    Taman Maskot
Tempat wisata yang menampilkan dua maskot kota Banjarmasin yakni bekantan dan pohon kasturi juga memiliki beberapa hal menarik seperti patung bekantan seukuran manusia dewasa, patung pohon kasturi dengan monyet yang bergelantungan, serta rumah tanaman yang berisi banyak kaktus, lidah buaya, dan beberapa jenis tanaman lainnya.
2.    Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura
Di jalan sepanjang 300 meter ini, Anda dapat menemukan sedikitnya 52 warung makanan yang menjajakan beraneka makanan khas daerah Banjarmasin seperti nasi kuning, soto Banjar, laksa, dan lupis.
3.    Kampung Sasirangan
Kampung yang menawarkan batik khas Banjarmasin ini terletak di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu. Di sini Anda juga dapat melihat berbagai proses pembuatan batik yang mempunyai ciri khas berwarna cerah ini.
4.    Museum Wasaka
Museum Wasaka menyimpan beragam koleksi foto, seragam perjuangan, mesin ketik, senjata yang digunakan untuk melawan penjajah, sebuah sepeda tua untuk mengantar surat secara sembunyi – sembunyi, serta teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949.
5.    Masjid Sultan Suriansyah
Masjid yang berbentuk rumah panggung dengan ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap tumpang memiliki bagian atap yang berundak dan mengerucut ke atas seperti halnya pada Masjid Agung Demak.
6.    Masjid Sabilal Muhtadin
Masjid terbesar di Banjarmasin ini dapat menampung sebanyak 15.000 orang jamaah. Nama masjid ini didapatkan dari nama kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary yang merupakan ulama besar di Kalimantan Selatan.
7.    Pasar Intan Martapura
Pasar ini sangatlah cocok bagi para penggemar batu permata. Di pasar ini, ada sekitar 87 toko yang menawarkan batu permata baik dalam bentuk batuan maupun yang telah diolah menjadi kalung, gelang, cincin, dan juga bros.
8.    Pasar Terapung
Pasar yang menjadi ciri khas dari kota Banjarmasin ini proses jual – belinya dilakukan di atas perahu yang mengapung. Barang yang dijualnya pun beragam mulai dari makanan, hasil kebun, hingga pakaian.
9.    Pulau Kembang
Pulau yang terletak di tengah Sungai Barito ini merupakan habitat bagi monyet serta beberapa jenis burung. Di dalamnya terdapat sebuah kuil serta altar dengan arca yang berbentuk monyet putih atau Hanoman.

taman-siring-sungai-martapura-untuk-bermain
10.    Taman Siring Sungai Martapura
Taman yang terletak di tepian Sungai Martapura ini seringkali digunakan sebagai tempat untuk memancing. Anda juga dapat melihat pemandangan sungai dengan duduk di bangku sembari menikmati kuliner dari warung di sekitar taman.

Reply