10 Obyek Wisata Yang Mempesona di Bengkulu

Ngga hanya bunga Rafflessia Arnoldinya saja loh, nyatanya Bengkulu juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kota ini memiliki beberapa peninggalan Inggris pada era kolonialisme. Berikut ini 10 obyek wisata yang menarik dan bersejarah yang harus kamu kunjungi di Bengkulu:

1. Masjid Jamik Bengkulu
Masjid Jamik yang terletak di ujung Jalan Soeprapto, jantung kota Bengkulu ini memiliki bentuk limas dengan beberapa tiang pancang berukiran sangat indah dan berwarna emas. Pada mulanya masjid ini adalah masjid tua yang kemudian dibangun kembali oleh Bung Karno bersama-sama waga setempat.

2. Pulau Tikus
Pulau yang memiliki luas kira-kira 2 hektar ini merupakan pulau karang. Pulau ini berjarak hanya 10 km dari sentral kota Bengkulu. Pada malam hari kamu bisa melihat penyu hijau dan penyu sisik yang sedang bertelur di pulau ini. Selain itu kamu juga bisa nih snorkeling, diving, dan juga memancing di sini.

3. Sungai Air Berau
Sungai Air Berau terletak di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Dengan arusnya yang deras, kamu bisa melakukan beberapa olah raga air yang cukup menantang seperti arung jeram. Kalau mau santai-santai juga bisa sambil mancing, atau menangkap ikan di sungai ini.

4. Museum Negeri Bengkulu
Museum yang berada di Jalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Bengkulu ini mwnyimpan banyak sekali benda bersejarah. Museum Negeri Bengkulu memiliki lebih dari 6.000 koleksi benda, dan terbagi ke dalam 10 kategori koleksi. Di sini kamu bisa melihat mesin cetak ‘uang merah’ dengan merek dagang Golden Press, 126 buah dokumen kuno yang masih anonim, kain tradisional khas Bengkulu, alat-alat rumah tangga zaman dahulu, miniatur rumah adat Bengkulu, pakaian adat dan senjata tradisional Bengkulu.

5. Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi berada tidak jauh dari Benteng Marlborough, yaitu sekitar 100 meter. Kalau kamu “sunset hunter” kamu harus kunjungi pantai ini. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil ngemil jagung bakar, pisang bakar, atau es kelapa muda yang banyak dijual di pinggir pantai. Ramai-ramai lebih seru loh!

6. Danau Dendam Tak Sudah
Nama danau ini berawal dari cerita rakyat Bengkulu, konon ada sepasang kekasih yang menenggelamkan diri mereka di danau ini karena hubungan keduanya tidak mendapat restu dari keluarga masing – masing. Aihh Romeo dan Juliet versi Bengkulu!
Kamu juga bisa menemukan anggrek langka di sini, anggrek pensil namanya. Bunga Anggrek Pensil mempunyai corak warna yang indah dan eksotis. Kalau bunga anggrek ini dipetik, kelopaknya bisa tahan segar hingga 22 hari loh! Lama nian! Begitu indahnya bunga anggrek pensil sampai-sampai menjadi favorit masyarakat Inggris. Makanya pada tahun 1882 dinobatkan sebagai “Ratu Anggrek”.

7. Pantai Pasir Panjang
Sesuai namanya, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang…banget, yaitu sepanjang 7 kilometer. Selain itu, keunikan dari pantai ini adalah bukan pohon kelapa yang berdiri di pinggirannya, melainkan deretan pohon pinus dan cemara yang menghiasi pinggiran pantai. Untuk fasilitasnya, sudah cukup mumpuni kok, di sini tersedia tempat bermain anak, toko suvenir, restoran, hingga penginapan.

img571454125441

8. Danau Mas Harun Bastari
Di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, atau sekitar 19 kilometer dari Kota Curup, Rejang Lebong terdapat sebuah danau yang cukup unik. Danau ini memiliki pulau berbentuk C di tengah-tengahnya. Danau Mas Harun Bastari ini dikelilingi bukit – bukit hijau. Di dekat danau ini ada sebuah gunung berapi, namamya Gunung Kaba. Gunung Kaba ini adalah satu-satunya gunung api di daerah Bengkulu yang masih aktif. Jika cuaca cerah dan ngga berkabut, dari Danau Mas Harun Bastari, gunung api Kaba terlihat sangat jelas banget.

9. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough, berdiri pada tahun 1713, awalnya benteng ini menjadi tempat penyimpanan serta perdagangan rempah – rempah. Benteng ini juga menjadi kantor pemerintahan Inggris, ruang tahanan, ruang perlindungan, dan gudang senjata. Di dalam benteng ini terdapat meriam, serta terowongan dengan ukuran kira – kira 6 x 2 meter.

 

rumah-pengasingan-bung-karno-yang-bersejarah
10.    Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah yang berada di Jalan Soekarno – Hatta dalam wilayah Kecamatan Gading Cempaka ini menjadi saksi bisu dari perjuangan Sang Proklamator; Bung Karno dan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Di dalam rumah ini, kamu bisa melihat beberapa koleksi seperti buku milik Bung Karno, sepeda, kursi, meja, mesin jahit, ranjang, hingga surat cinta. Rumah ini juga memiliki sebuah sumur tua yang konon katanya dapat mengabulkan permohonan apabila pengunjung membasuh wajah dengan airnya.

 

@hijabpacker pecinta sejarah Nusantara

Reply