Eksotisme Pulau Padar, Labuan Bajo

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo, serta dipisahkan oleh Selat Lintah.

Pulau Padar ini ngga dihuni komodo, atau orang setempat menyebutnya Ora. Tapi tidak kalah dengan Pulau Komodo ataupun Rinca, Pulau Padar pun sangatlah eksotis. Buat kamu pecinta photography, Pulau Padar adalah salah satu surga terbaiknya! Kontur Pulau Padar yang berbukit-bukit dan bercabang memberikan pesona eksotis tersendiri dan sangatlah menarik. Di sekitar pulau ini terdapat tiga atau empat pulau kecil lainnya.

Pulau padar terletak cukup jauh dari pelabuhan di kota Labuan Bajo. Butuh sekitar 3,5 jam waktu tempuh demi mencapai tempat ini. Bibir pantainya memiliki kontur yang dangkal, jadi kamu harus beralih ke perahu yang lebih kecil untuk dapat mencapai pulau ini.

Pulau Padar

Pulau Padar

Kalau kamu ingin menyaksikan view terbaik di Pulau Padar ini, kamu harus berada di puncak tertinggi bukitnya. Sebenarnya puncaknya tidak terlalu tinggi, tapi karena sinar matahari yang sangat panas dan medannya yang berbatu, jadi dibutuhkan stamina yang prima agar dapat sampai hingga ke puncak bukit.

Pulau Padar juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo,Pulau Rinca dan Gili Motang.

@hijabpacker – don’t forget your sunblock!

Reply