Lubuak Nyarai, Surga Tersembunyi di Pelosok Ranah Minang

Lubuak Nyarai adalah salah satu air terjun terindah yang terdapat di Sumatera Barat. Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, atau sekitar 20 kilometer dari kota Padang, Sumatera Barat.

Kita cukup membayar biaya registrasi sebesar Rp 20.000 per orangnya. Selanjutnya kita akan ditemani oleh pemandu wisata yang akan menemani kita sampai menuju lokasi. Jarak tempuh dari posko registrasi ke air terjun Nyarai sekiar 3,5 kilometer. Dan dibutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk mencapai air terjun Lubuak Nyarai, jika mulai berjalan dari mulut hutan. Perjalanan ke air terjun di awali dengan melewati persawahan penduduk, setelah itu menyusuri hutan Ulayat atau hutan warga Gamaran yang masih liar. Kemudian kita akan menyusuri sungai sekitar 50 meter, tapi ngga usah khawatir, seru banget loh!

Lubuak Nyarai

Lubuak Nyarai

Selama perjalanan kita akan melewati beberapa lubuak yang cantik-cantik, ada Lubuak Lalang, ada Lubuak Ngugun, kolam dari batu yang terbentuk alami, selanjutnya Lubuak Batu Tuduang, di lubuak ini potensi ikannya banyak, dan Sikayan Tabiang.

Karena medan tempuhnya yang lumayan berat, pastikan diri kamu dalam keadaan fit dan jangan lupa bawa perbekalan sendiri ya. Gimana, menantang banget kan?? Capcuss yuuu!

 

@hijabpacker – Ranah Minang, rancak bana!!

Reply