Menikmati Keindahan Alam Loksado dari Bukit Langara, Kalimantan Selatan

Buat kamu yang akrab dengan kata “Loksado” pasti teringat dengan “bamboo rafting” atau lanting bambu, ataupun air terjun Haratai. Destinasi wisata itu yang memang sangat melekat pada kebanyakan orang kalau mendengar kata Loksado. Nah, tapi selain itu semua, Loksado masih memiliki kekayaan wisata lainnya loh.

Bukit Langgara

Bukit Langgara

Namanya Bukit Langara berada di Pantai Ulin Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Atau sekitar 30 menit dari kota Kandangan.

Menuju Bukit Langara ngga sulit kok, cukup ikuti jalur menuju desa wisata Loksado. Akses jalan pun ngga susah, karena cuma ada satu jalur kok. Jalannya juga mulus, walaupun naik turun dan tikungan tajam di mana-mana.

Sebelum sampai di Loksado, kita akan ketemu persimpangan. Kalau lurus akan menuju Losakdo dan jalur kanan akan mengarah ke Kecamatan Batulicin. Kita ambil jalan yang ke arah Batulicin. Kemudian kita akan ketemu tikungan, dan ngga jauh dari tikungan tersebut terdapat sebuah penanda yang artinya kita sudah dekat tuh ke base camp Bukit Langara.

Bukit Langgara

Bukit Langgara

Dari situ, kita bisa memulai pendakian. Tapi pendakian menuju puncak bukit cukup terjal dan curam, karena terdiri dari bebatuan yang tajam. Jadi pastikan kamu dalam kondisi yang fit dan gunakan sepatu yang tepat yah. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai puncaknya. Nah, pas di puncak bukit kamu bisa lihat Bukit Kentawan yang memiliki tiga puncak, serta Sungai Amandit yang berkelok di bawahnya. Landscape yang terlihat layaknya seperti lukisan. Benar-benar indah deh!

 

@hijabpacker – Borneo, where’s the land is sacred!

Reply