Ke Lombok Ngga Cuma Pantai Dan Gunung Saja, Coba Juga Tempat Satu Ini!

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Kamu pasti udah sering denger Lombok dengan keindahan Gunung Rinjani dan pantai-pantai indahnya kan? Bagaimana dengan Air Terjun Tiu Kelep? Pernah dengar juga ngga?

Diambil dari Bahasa setempat, yaitu Bahasa Sasak, Tiu Kelep memiliki arti pusaran air yang meluap.

Air Terjun Tiu Kelep ini memang jadi salah satu andalan wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat, Air Terjun Tiu Kelep masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, karena terletak jauh di bagian dalam hutan sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi kamu yang hobby menjelajah hutan dan menikmati sejuknya udara pada saat berjalan menuju lokasi air terjun. Rindangnya pepohonan, merdunya suara alam, segarnya udara dan indahnya gemericik air yang mengalir adalah sajian yang akan kamu dapatkan saat berjalan menuju air terjun ini, sensasi yang luar biasa juga akan dirasakan ketika di depan mata terbentang air terjun yang sangat cantik, yaitu dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Selain keindahannya, mitos yang beredar pun menambah daya tarik sendiri bagi salah satu air terjun tertinggi di Lombok ini. Kabarnya, barangsiapa yang membasuh mukanya atau mandi di Air Terjun Tiu Kelep, maka ia akan memiliki umur yang panjang serta awet muda.

Oh yah, apabila cuaca sedang terang, kamu bisa menyaksikan pelangi di sekitaran air terjun ini loh. Pelangi ini tercipta dari pantulan air tejun yang mengenai batu dan terbias oleh sinar matahari. Jadi makin cantik dan menawan deh.

Akses jalan menuju Tiu Kelep sudah sangat nyaman kok, sebagian besar yang kamu lewati adalah hutan basah dengan pepohohan rindang. Tapi kamu tetap harus berhati-hati jika menaiki anak tangga yang agak curam dan licin. Kemudian melalui jembatan yang aslinya adalah jalur air, di jembatan ini kamu harus ekstra hati-hati karena pagar pengamannya hanya ada di satu sisi. Kamu juga akan menyeberangi sungai yang kadang beberapa waktu arusnya sangat kencang. Tapi tenang, semua perjalanan tadi akan terbayar lunas ketika kamu sampai di lokasi kok. Yang harus selalu kamu ingat adalah usahakan untuk tidak menginjak batu-batu yang besar, karena sangat licin. Lebih baik memilih untuk menginjak bebatuan yang lebih kecil, dan gunakan selalu sendal gunung atau sepatu gunung, biar ngga licin.

Air Terjun Tiu Kelep, Lombok

Air Terjun Tiu Kelep, Lombok

Untuk mencapai Air Terjun Tiu Kelep sebaiknya kamu mengambil jalur irigasi karena lebih banyak digunakan oleh wisatwan. Jalur ini tidak terlalu berat dan melelahkan. Dan sebaiknya gunakan jasa guide lokal, biasanya kamu bisa menemukan guide lokal di penginapan-penginapan sekitar Senaru, atau sebelum pintu gerbang ke air terjun. Harga yang ditawarkan oleh para guide lokal bervariasi tergantung jumlah orang dalam sekali perjalanan.

Reply