Bersanding Hidup dengan si Raksasa Darat, Mampukah Kita ?

Populasi Gajah Sumatra (Elephas Maximus) semakin menurun dan masuk ke dalam daftar merah spesies terancam punah yang dikeluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia.

Gajah Sumatera mewakili keragaman hayati di dalam ekosistem tempatnya hidup, pelestarian satwa besar ini akan membantu mempertahankan keragaman hayati dan integritas ekologi dalam ekosistemnya, yang artinya ikut menyelamatkan berbagai spesies kecil lainnya.

hijabpacker sumatera elephant

Sama seperti gajah-gajah di negara lain, penyebab menurunnya populasi Gajah Sumatera adalah perdagangan gading dan juga penyempitan habitat. Di Sumatera penyempitan habitat Gajah biasanya dikarenakan pembalakan liar dan perluasan perkebunan kelapa sawit maupun pohon-pohon penghasil bahan baku kertas dan tissue.

Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dan sangat bergantung pada penjualannya. Tentu saja ini menjadi permasalahan yang kompleks karena bukan hanya membahas lingkungan, tetapi menyangkut soal sosial dan ekonomi secara global. Beberapa kasus kerusakan lingkungan yang terjadi memang ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti kebakaran hutan. Disinilah ketegasan pemerintah dalam membuat kebijakan dan pengawasan diperlukan.

Tetapi apakah dengan protes terhadap pemerintah menyelesaikan seluruh masalah? Pastinya tidak, karena kita menggunakan kandungan minyak kelapa sawit dan turunannya dalam keseharian. Minyak kelapa sawit dan turunannya dapat ditemukan dalam produk sehari-hari kita, seperti dalam beberapa merk sabun, shampoo, biskuit, cokelat, minuman dan lain-lain.
Kemudian apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?

Kita bisa mencoba dari yang paling mudah saja dulu, yaitu mengurangi konsumsi produk-produk tersebut. Apalagi kalau kita bisa benar-benar beralih pada produk yang ramah lingkungan akan jauh lebih baik. Mari kita lebih hemat dan efisien menggunakan kertas dan tissue.

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, sepertinya penggunaan kertas akan sangat dapat kita kurangi. Begitu pula dengan penggunaan tissue, kita bisa kembali menggunakan kain atau saputangan seperti dulu.

Untuk produk makanan dan minuman, sebaiknya kita bisa lebih bijaksana untuk tidak atau mulai mengurangi konsumsi produk makanan dan minuman yang menggunakan bahan minyak kelapa sawit dan turunannya. Tahukah kamu, memasak dengan metode merebus akan jauh lebih sehat. Untuk penggunaan minyak goreng bisa dialihkan dengan minyak zaitun yang jauh lebih sehat.

Dalam hukum ekonomi, produksi akan semakin besar bila permintaan pasar semakin besar. Begitu juga sebaliknya, apabila permintaan pasar turun maka produksipun akan makin turun.

Menjaga dan merawat lingkungan hidup adalah bagian dari amal baik, karena lingkungan hidup sangat terkait dengan semua manusia beserta masa depannya.

@hijabpacker

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

surat Al Qassas : 77

Reply