Traveler Sejati Itu Yang Seperti Apa Sih?

Bagi kebanyakan dari kita, kegiatan traveling dan menjelajah suatu tempat baru mungkin hanya berarti hiburan di saat tanggal merah saja. Atau bisa jadi sebagai ajang untuk pamer eksistensi kekinian di dunia sosial media. Tapi pernahkah terfikir bahwa kegiatan kita tersebut sangat berarti untuk warga lokal, kehadiran kita, sebagai traveler yang berkunjung ke daerah mereka bisa jadi harapan dan doa mereka di tiap harinya.

Seorang traveler atau penjelajah yang bijak harus bisa betul-betul memahami bahwa kunjungan mereka bukan hanya menghasilkan kesenangan dan kenangan untuk pribadinya saja, tapi juga harus meninggalkan dampak positif bagi warga lokal yang dikunjungi. Aktivitas traveler harus bisa memberi manfaat untuk orang lain juga, yaitu para warga lokal.

Bagi warga lokal di berbagai destinasi, kita, para traveler, adalah tumpuan roda ekonomi mereka. Sumber daya yang kita bawa selama traveling atau menjelajah wilayah mereka merupakan bahan bakar untuk kegiatan mereka sehari-harinya. Kecepatan perputaran dari roda ini seringkali tergantung dari pada keputusan kita, sebagai traveler atau pengunjung, apakah akan menyalurkan sumber daya kita kepada mereka atau tidak sama sekali.

Support Local Economy

Support Local Economy

Untuk mendukung perekonomian lokal dapat dibuktikan dengan banyak hal, sesuai dengan kemampuan masing-masing traveler. Cara yang paling mudah, yaitu, kita sebagai traveler atau pengunjung bisa memulai dengan menggunakan transportasi lokal, menggunakan jasa warga lokal sebagai guide atau pemandu, menikmati hidangan lokal, membeli cenderamata unik khas pengerajin lokal dan banyak lagi. Oh yah, satu lagi, biasakanlah untuk memberi lebih. Misalnya kalau kita membeli cenderamata atau oleh-oleh dari suatu tempat, ngga perlulah nawar sampai mati-matian, hehe..toh hampir semua dari kita sanggup belanja di mall, kenapa harus menawar sampai murah banget untuk para penggiat ekonomi kecil?

Mungkin itu semua hanya pilihan mudah bagi kita yang terbiasa berkecukupan, tapi bagi mereka, itu mungkin jadi pembeda. Pilihan kita adalah penggerak perekonomian mereka. Pembakar dapur mereka. Yuk, kita sama-sama selalu mengingat untuk mendukung perekonomian lokal, kemana aja kita pergi.

Hijabpacker Bulukumba Makassar

Hijabpacker Bulukumba Makassar

@hijabpacker

Keep Discover Nusantara, and don’t forget to be a Responsible Traveler!
Preserve the Environment, Support Local Economy, and Respect Local Culture.

One Response

Reply