Aneka Minuman Khas Tanah Pasundan Yang Populer Di Indonesia

Buat para pecinta kuliner Nusantara, pasti sudah sangat akrab dengan minuman khas Sunda. Minuman Khas Sunda ini sudah seperti identitas bangsa, karena saking terkenal dan akrabnya di lidah rakyat Indonesia. Bahkan minuman ini menjadi salah satu kuliner wajib yang diburu oleh para wisatawan

Salah satu minuman khas Sunda atau Jawa Barat yang kondang dan melegenda banget di Nusantara adalah Bandrek. Siapa coba yang belum pernah nyobain Bandrek? Bandrek adalah minuman yang terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, rasanya manis dan hangat di tenggorokan. Rasa hangat itu berasal dari jahe yang diolah dan dicampur dengan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan gula kawung atau yang biasa kita kenal sebagai gula aren.

Bandrek Sunda

Bandrek Sunda

Minuman yang kaya akan rasa jahe dan rempah ini nyatanya bisa diolah dan dimodifikasi dengan berbagai rasa lain, misalnya Bandrek kopi, Bandrek susu sampai teh bandrek. Trus gimana rasanya? Masih enak ngga yah kalau sudah dicampur gitu? Jangan salah, minuman Bandrek jadi semakin terasa eksotis di lidah apalagi kalau dinikmati di musim hujan.

Walaupun cenderung mudah untuk membuatnya, namun kebanyakan orang lebih senang untuk membeli Bandrek ke penjual karena lebih praktis pastinya.

Selain Bandrek, minuman yang bikin hangat, ada lagi nih minuman khas Sunda, yang mirip dengan Bandrek. Namanya Bajigur. Bajigur adalah minuman traditional Sunda yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah serta gula aren. Lalu apa yang membedakan Bajigur dengan Bandrek? Nah kalau Bajigur ini memakai santan sebagai bahan utamanya.

Bajigur Sunda Jawa Barat

Bajigur Sunda Jawa Barat

Bajigur memiliki rasa manis nan legit serta hangat, tapi ada gurihnya juga yang berasal dari santannya. Mirip dengan Bandrek, Bajigur juga lebih nikmat diminum saat udara dingin atau hujan.

Nah, minuman khas Sunda atau Jawa Barat yang lain ada juga nih yang dingin-dingin segar, diantaranya ada es cendol, es doger, es sirop campur, dawet, cincau, dan es goyobod. Beberapa kuliner minuman tersebut juga ada juga di daerah lain di Nusantara.

Buat Travelholic yang belum pernah mencoba salah satu atau beberapa minuman khas Sunda seperti yang disebutkan di atas, hayooo, segera berangkat dan cuss ke Jawa Barat. Kamu bisa nikmatin keindahan alam Negeri Pasundan sambil ditemani minuman khasnya yang manis-manis!

@hijabpacker – hidup ini manis kok, tapi lebih manis senyuman kamu!

3 Comments

    • hijabpacker

Reply