Satu Lagi Dari Bandung!!! Wisata Alam Lengkap Dalam Satu Lokasi

Pernah dengar nama Kampung Cai Ranca Upas? Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu objek wisata alam yang berada di Bandung Selatan. Keberadaanya memang tak jauh dari wisata Kawah Putih atau lebih tepatnya di kawasan Ciwidey. Di area wisata Kampung Cai banyak terdapat villa dan penginapan untuk menikmati suasana alam lebih lama dan nyaman.  Oh ya di sini ada juga loh kehidupan fauna yang bergerak bebas di lahan sekitar Ranca Upas.
Sebenarnya Ranca Upas Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang sekaligus dijadikan sebagai tempat kegiatan outdoor dan wisata. Dengan keadaan geografis dan karakteristik alamnya cukup unik dan sangat mendukung kegiatan outdoor, serta didukung oleh fasilitas lain seperti kolam renang air hangat, ATV, hingga War Games, membuat Kampung Cai Ranca Ubas Ciwidey ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah hingga aktifitas alam lainnya.

Area Camping

Di kawasan Kampung Cai Ranca Upas mempunyai lahan seluas 215 ha yang dapat menampung sekitar 10.000 orang. Pemandangan yang diberikan juga sangat indah serta areanya yang sangat luas sehingga pengunjung bebas untuk melakukan kegiatan berkemah. Bahkan panorama alam yang disuguhkan masih sangat alami. Mulai dari pemandangan gunung yang berdiri tegak, hijaunya pepohonan dan beningnya air danau yang bisa kamu saksikan dari jarak dekat.

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Di kawasan perkampungannya, kamu dapat menjumpai area hutan lindung yang cukup luas. Di are aini terdapat pepohonan seperti pohon Kurai, Pasang, dan Huru yang sudah jarang ditemukan. Menariknya lagi, jika kamu sedang berkunjung ke sini dan beruntung maka kamu bisa menyaksikan burung-burung yang berkicau indah di antara ranting-ranting pohon. Adapun suhu udara di kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas terbilang cukup dingin, bahkan bisa mencapai 0 derajat Celcius. Hal ini dikarenakan kawasan Ranca Upas berada di ketinggian kurang lebih 1.700 meter dari permukaan air laut.

HIJABPACKER CIWIDEY 3

Outbound

Di Kampung Cai Ranca Upas telah menyediakan kegiatan outbond yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Beberapa di antaranya adalah games, tantangan beregu, hingga trekking di sebuah hutan. Biasanya kegiatan tersebut banyak diikuti oleh para siswa sekolah untuk acara inisiasi sekolah atau juga Pramuka. Di sekitar lokasi outbound juga disediakan fasilitas seperti toilet, warung makanan serta tempat beribadah. Fasilitas lainnya seperti life music, snack, atau pun api unggun bisa disediakan tergantung kebutuhan para pengunjung.

 

Paintball

Buat kamu-kamu yang membutuhkan permainan lebih menegangkan dan menantang, kegiatan ini cocok dilakukan bersama teman atau team. Kamu dan team bisa merasakan seperti sedang berada di medan perang. Perlengkapan paintball yang di sediakan juga sangat lengkap, serta terdapat instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum bermain. Tentu saja manfaat dari adanya permainan tersebut bukan hanya memberikan sensasi ketegangan, tetapi juga melatih kerjasama antar team dan analisa risiko.

 

Penangkaran Rusa

Mengunjungi Kampung Cai Rancai Upas terasa kurang lengkap jika tidak datang ke Penangkaran Rusanya. Pasalnya keberadaan rusa-rusa di sana dibiarkan untuk hidup bebas di alam liar, seperti habitat aslinya. Bahkan uniknya lagi, jenis rusa yang ditangkar adalah Rusa Jawa atau Cervus Timorensis, yaitu jenis rusa khas Indonesia.  Adapun Rusa Jawa memiliki warna bulu kaki yang terang dan bulu badannya berwarna merah sedikit kecoklatan. Untuk jantannya memiliki tanduk yang bercabang. Kamu pun bisa berinteraksi langsung dengan rusa dan memberikan pangan wortel atau pakan lain yang telah disediakan.

HIJABPACKER CIWIDEY

Ada yang punya pengalaman seru di Kampung Cai Ranca Upas?

@hijabapcker – Traveling adalah hak semua orang!

Reply