Senang Basah – Basahan di Bali? Masukan Tempat Ini Ke Dalam Daftar Liburan Kamu!

Pulau Menjangan memang sudah terkenal menjadi salah satu tujuan terbaik bagi para pecinta snorkeling dan scuba diving atau menyelam, ini karena airnya yang jernih dan eksotisme biota bawah lautnya yang sangat memukau.

Nah, buat yang berencana berkunjung ke Pulau Menjangan harus dicatet nih waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini yaitu antara bulan April hingga November. Hal ini karena pada bulan-bulan tersebut sedang mengalami musim kemarau jadi kita bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan biota laut di sekitar Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan Bali Barat

Pulau Menjangan Bali Barat

Kata Menjangan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “rusa”, ini disebabkan karena di Pulau Menjangan terdapat banyak sekali rusa liar. Tapi amat disayangkan jumlah rusa liarnya kini semakin menurun, maka dari itu Pulau Menjangan dimasukkan ke dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Diharapkan kelestariannya tetap terjaga dan menjadikan Pulau Menjangan sebagai tempat konservasi bagi hewan liar.

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Menjangan

Pulau Menjangan ini tidak berpenghuni sehingga masih jarang dijumpai fasilitas akomodasi di kawasan pulau ini. Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat ang berbatasan dengan Buleleng dan juga Jembrana. Persisnya terletak di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Jika kita datang dari kota Denpasar maka bisa memakan waktu perjalanan hingga 4 jam menuju Pelabuhan Lalang. Tapi tenang aja, sepanjang jalan dipastikan kita ngga akan bosan, kita akan disuguhi hijaunya pemandangan persawahan khas Bali dan lautan yang biru. Untuk mencapai pulau ini, kita mesti menyeberang dengan kapal motor cepat sekitar 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Setibanya di Pelabuhan Lalang kita bisa langsung mengambil berbagai paket diving dan snorkeling. Banyak resort yang menyediakan paket-paket menarik dan bisa kita pilih sesuai budget kok.

Surga Sempurna Bagi Pencinta Diving di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan sangat terkenal dengan wall-divingnya yang merupakan jenis kegiatan menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut tersebut memiliki kedalaman 20-60 meter, bahkan ada beberapa lajur yang memiliki kedalaman lebih dari 60 meter.

Saat melakukan wall-diving kita akan menemukan terumbu karang di kedalaman 10 meter. Formasi batuan karang sedalam 60 meter membentuk gua kecil dan gua-gua besar. Menariknya kondisi perairan cukup tenang dan jernih, sehingga jarak pandang bisa mencapai 50 meter ketika cuaca tertentu.

• Eel Gardens
Kurang lengkap rasanya jika kita tidak menuju ke lokasi Eel Gardens yang letaknya di bagian barat Pulau Menjangan. Eel Gardens sering disebut sebagai spot terbaik di Pulau Menjangan, karena di titik inilah terdapat kumpulan garden eel dan sea fans, makanya digunakan sebagai nama lokasinya. Biasanya diving akan dimulai dari kedalaman dinding karang kira-kira 40 meter, dan situ banyak terdapat gorgonia dan biota laut unik lainnya.

Eel Gardens Hijabpacker

Eel Gardens Hijabpacker

• Secret Bay
Bagi para pecinta macro diving maka lokasi diving yang tepat adalah di Secret Bay, karena perairannya yang cukup dangkal dan bervariasi terumbu karang. Bahkan di pasir vulkanis tinggal aneka biota laut endemik yang langka. Kita pun hanya perlu menyelam pada kedalaman 10 meter saja, maka sudah bisa melihat lion fish, belut pita, dragonets dan spesies langka lainnya. Namun waktu yang disarankan untuk melakukan diving di Secret Bay yaitu pada saat gelombang tinggi dan sirkulasi bulan di posisi yang tepat.

Secret Bay Menjangan Hijabpacker

Secret Bay Menjangan Hijabpacker

• Anchor Wreck
Anchor Wreck memang sangat disarankan bagi penikmat snorkeling yang sudah profesional saja. Pasalnya para diver harus menuju pada kedalaman 45 meter lebih. Tapi di lokasi ini kita akan menjumpai keunikan bangkai kapal yang sudah karam dan berkarat dan dilengkapi dengan jangkarnya. Menurut cerita masyarakat sekitar kapal tersebut merupakan kapal milik Belanda yang karam pada abad ke 19 atau pada saat Perang Dunia II. Kapal tersebut dijuluki sebagai Kapal Anker alias Kapal Budak, karena kapal itu diduga mengangkut budak dari Bali ke Jakarta.

Anchor Wreck Menjangan Hijabpacker

Anchor Wreck Menjangan Hijabpacker

Tips Berkunjung Ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni, jadi sangat disarankan untuk membawa obat-obatan atau kotak P3K sendiri. Pastikan kita membawa makanan dan minuman yang cukup. Ingat ya, jangan sampai dehidrasi.

Pastikan untuk berkunjung di waktu terbaiknya, antara bulan April hingga November, atau di saat musim kemarau. Karena bila berkunjung di musim hujan, jarak pandang untuk menikmati biota bawah laut pada saat snorkeling atau menyelam akan sangat terbatas karena air yang keruh.

Jadi kapan nih kita nyemplung bareng di Pulau Menjangan?

 

@hijabpacker – always in love with the ocean

Reply