Si Merah, Jagoan Dari Banyuwangi Yang Mendunia

Pantai Pulau Merah mungkin masih sedikit asing di telinga wisatawan lokal, tapi untuk para wisatawan internasional nama pantai ini sangat populer, terutama para peselancar.

Dinamakan Pulau Merah karena konon berasal dari warna tanah dan pasir yang kemerahan, walaupun sebenarnya pasir pantainya bewarna putih kecoklatan, namun pada saat musim kemarau, barulah kawasan pantai ini menjadi bewarna merah.

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Sebenarnya Pulau Merah merupakan sebutan bagi pulau kecil di pantai yang terdapat di sebuah Desa Sumber Agung Banyuwangi. Keindahan pemandangannya serta warna pasirnya yang coklat kemerahan ini membuatnya berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya. Inilah pesona keindahan khas Pantai Merah di Pulau Jawa yang sangat populer di wisatawan internasional.

Lokasi dan Akses Menuju Objek Wisata

Pantai Pulau Merah ini persisnya berada di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kalau kita datang dari pusat Kota Banyuwangi maka hanya berjarak sekitar 80 kilometer saja atau membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di pantai ini. Oh yah, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil yah, karena tidak ada trasportasi umum yang menuju ke pantai. Namun tenang saja, jalan ke Pantai Merah sudah diaspal dengan sangat baik yang membuat perjalanan kita jadi nyaman.

Keunikan Alam Laut di Pantai Merah

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Pantai Pulau Merah memiliki ombak tinggi yang bergulung – gulung dan lebih banyak dibandingkan pantai-pantai yang lain di sekitar Pulau Jawa, sehingga memungkinkan para peselancar untuk menggunakan teknik – teknik tertentu dalam berselancar. Adapun daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah lokasinya yang dekat dengan sebuah desa nelayan. Buat para travelholic yang ingin merasakan traveling yang lebih alami, kita bisa saja mencoba menginap di rumah-rumah penduduk untuk merasakan kehidupan ala nelayan. Dijamin pasti seru deh!

Kegiatan Menarik Pantai Pulau Merah

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika kegiatan yang paling utama di Pantai Pulau Merah adalah berselancar. Ngga usah usah khawatir jika belum pandai melakukan olahraga selancar. Di kawasan pantai ini sudah disediakan peralatan selancar dan dan instruktur selancar loh, sehingga kita dapat belajar berselancar dengan benar dan aman dengan pengawasan instruktur tersebut.

Kondisi ombak di sini yang mencapai 4 sampai 5 meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Karena tidak banyak terdapat batu karang seperti di pantai pantai laut lepas lainnya, apalagi pasir halus dari dasar laut Pulau Merah cukup aman untuk berselancar dengan gulungan – gulungan ombak yang ada. Sebagai tambahan informasi, ombak di Pantai Pulau Merah disebut-sebut sebagai salah satu ombak yang terbaik di daerah Jawa bahkan di Indonesia sehingga cocok untuk kegiatan selancar. Saat terbaik untuk menikmati selancar di Pantai Pulau Merah yaitu pada pertengahan April hingga Mei, atau pada September hingga Desember, karena pada saat bulan – bulan tersebut Pantai Pulau Merah dikunjungi oleh ombak laut yang tinggi.

Selain surfing, kegiatan lain yang dapat kita lakukan di pantai ini adalah memancing. Banyak tempat penyewaan perahu tradisional untuk digunakan tempat memancing. Jika beruntung kita bisa mendapatkan beragam jenis ikan, asalkan kita memiliki kesabaran ekstra.

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Pantai Pulau Merah Hijabpacker

Bosan dengan memancing? Kita pun bisa merasakan sensasi bermain voli pantai bersama teman-teman. Namun buat yang hanya ingin bersantai menikmati pemandangan pantai sambil menyalurkan hobi fotografinya, dapat berjalan menyusuri pasir pantai. Waktu terbaik menikmati pemandangan di Pantai Pulau Merah adalah pada saat sore hari. Sunset di pantai ini merupakan momen terbaik untuk para fotografer, jadi sayang banget kalau dilewatkan loh.
@hijabpacker – be proud of Indonesia and make Indonesia proud of you!

Reply