Di Pantai Ini Mitos Dan Keindahan Menjadi Satu

PANTAI PAPUMA JEMBER

PANTAI PAPUMA JEMBER

Destinasi wisata alam Pantai Papuma memang menyuguhkan sejuta keindahan yang menawan. Makanya tidak heran kalau kawasan pantai tersebut kerap kali dijadikan lokasi foto landscape dari kokohnya karang-karang yang menjulang tinggi. Tidak hanya itu, bisa juga menjadi lokasi foto prewedding karena banyaknya spot yang menarik.

Selain menyuguhkan keindahan alam pantai, di objek wisata ini juga sudah terdapat akomodasi yang memadai. Beberapa penginapan dan cottage telah disediakan pihak pengelola dan harganya cukup terjangkau. Nah, inilah Pantai Papuma yang merupakan pantai terindah di Pulau Jawa untuk dijelajah alamnya.

Lokasi dan Akses Wisata Pantai Papuma

Keberadaan Pantai Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, tepatnya di Desa Lojejer. Sebenarnya hanya berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Jember. Biasanya jika dari luar Jawa Timur, para pengunjung akan menggunakan jasa maskapai penerbangan atau kereta api. Namun ada baiknya kita menyewa mobil pribadi dari Kota Surabaya, lantaran Pantai Papuma belum bisa diakses dengan transportasi umum. Bahkan untuk mencapai lokasi kita akan menjumpai banyak medan curam sehingga kendaraan yang dibawa harus memiliki performa prima.

Mitos di Pantai Papuma Jember

PANTAI PAPUMA JEMBER

PANTAI PAPUMA JEMBER

Siapa sangka Pantai Papuma menyimpan sebuah mitos yang hingga sekarang masih diyakini masyarakat setempat. Pertama karena Pantai Papuma masih merupakan bagian dari rangkaian garis pantai di selatan Pulau Jawa. Karenanya, sama seperti pantai selatan di daerah lain, Pantai Papuma ini juga memiliki ombak yang ganas yang kerap memakan korban.

Kedua di Pantai Papuma terdapat Batu Malikan, yaitu sebuah batu raksasa yang menghadap ke barat, batu ini dipercaya sebagai tempat Raden Mursada untuk memancing. Selain itu, di batu ini juga konon kail Raden Mursada tersebut tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelahnya menjadi tiga bagian.

Pesona Keindahan Pantai Papuma

Kata Papuma sendiri merupakan akronim dari Pasir Putih Malikan, yang berarti pantai dengan pasir putih bersih.Pantai Papuma juga sering disebut dengan Pantai Tanjung Papuma karena letaknya yang menjorok ke laut sehingga menyerupai tanjung. Pemandangan pantai Papuma sangat indah dengan suguhan perpaduan antara pasir putih dan batu karang yang menyebar di tepi pantai. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat pantai ini tampak terlihat lebih asri dan alami. Tidak hanya itu, terdapat tujuh karang besar yang menjulang di pantai ini menjadi ciri khas dari pantai Papuma. Uniknya tiap karang memiliki namanya masing-masing, yaitu Batara Guru, Narada, Kresna, Nusa Barong, Kajang dan Kodok. Nama terakhir diberikan karena karang tersebut berbentuk menyerupai seekor kodok. Karena ukuran karang-karang tersebut yang sangat besar membuatnya hampir terlihat mirip dengan sebuah pulau kecil.

Pada saat air laut surut, maka para pengunjung bisa merasakan sensasi berdiri di atas batu karang loh. Namun, kita mesti tetap berhati-hati karena batu karangnya kasar dan terjal. Kemudian, ketika laut surut kita juga dapat melihat ikan yang berkejaran secara lincah di bawah karang-karang. Menariknya air laut di sekitar pantai ini cukup tenang, sehingga bisa digunakan sebagai kawasan bermain, mulai dari berenang, bermain air pantai atau cukup berjemur.

PANTAI PAPUMA JEMBER

PANTAI PAPUMA JEMBER

Kuliner Khas Pantai Papuma

PANTAI PAPUMA JEMBER

PANTAI PAPUMA JEMBER

Para nelayan banyak yang berlabuh untuk beristirahat dan turun dari kapal pada saat hari menjelang siang. Selain itu, biasanya para nelayan juga membawa ikan hasil tangkapan yang bisa dibeli oleh pengunjung. Di situlah kita bisa membakar langsung ikan yang masih segar di tepian pantai. Kita bisa juga membawa ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di sekitar pantai untuk dimasak loh.

 

 

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma

Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Papuma di tahun 2017 ini adalah sebagai berikut :

Tiket masuk perorangan di hari biasa : Rp. 15.000,-
Tiket masuk perorangan di akhir pekan dan libur : Rp. 17.500,-
Parkir kendaraan roda dua : Rp. 2.000,-
Parkir kendaraan roda empat : Rp. 5.000,-

Apakah Travelholic ada yang pernah berkunjung ke Pantai Papuma ini? Silakan berbagi pengalamannya di sini ya!

@hijabpacker

One Response

Reply