Mau Dapet Jodoh? Coba Main-main Ke Sini Dulu!

Coban Jodo Sumber Slamet adalah salah satu air terjun yang terletak di dusun Bendolawang desa Ngadirejo Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Coban atau bahasa Indonesianya berarti air terjun ini terbilang masih baru dan masih cukup asri loh. Coban yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger ini memang baru di buka sekitar akhir 2016 yang lalu.

Coban Jodo Malang

Coban Jodo Malang

Coban Jodo sendiri namanya diambil dari cerita turun temurun penduduk setempat tentang seseorang yang melarikan diri dari penjajah ke daerah sekitar coban tersebut. Namun, tidak hanya karena riwayat tersebut, adanya dua coban di satu lokasi yang membuat dua coban tersebut dinamakan Se Jodo atau Se Joli.

Sebenarnya menuju ke lokasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam tiga puluh menit dari Kota Malang atau jaraknya sekitar 140 km. Dari arah kota Malang, kamu bisa menuju ke arah kecamatan Tumpang tepatnya ke arah Desa Ngadirejo kemudian dilanjutkan ke arah Dusun Bendolawang.

Namun karena destinasi wisata ini terhitung masih cukup baru, akses menuju ke lokasi juga masih minim. Jika kamu pernah ke Coban Jidor, jalur yang harus ditempuh untuk ke Coban Jodo hampir sama. Dari Coban Jidor kamu tinggal lurus saja hingga nanti menemui ujung aspal jalan dari desa Bendolawang. Dari sini kamu harus menempuh jalur bebatuan hingga 1 km untuk sampai ke tempat parkir dari Lokasi Wisata Coban Jodo.

Coban Jodo Malang

Coban Jodo Malang

Uniknya di sini lokasi Coba Jodo juga terdapat larangan mengambil rumput bagi warga sekitar dan pengunjung. Dan pastinya tidak hanya rumput saja loh, larangan ini juga termasuk untuk seluruh jenis tumbuhan dan binatang yang menjadi penunjang diversitas hayati di wilayah ini. Kita sebagai pengunjung, memiliki tanggung jawab yang sama besarnya untuk menjaga kelestarian hutan, dengan tidak membuang sampah atau bisa membawa kembali sampah dan tidak mengambil apapun yang ada di hutan ini.

Kalau kamu pecinta wisata ekstrem dan yang masih alami, cocok banget nih berkunjung ke Coban Jodo. Salam lestari!

Coba Jodo Malang

Coba Jodo Malang

 

@hijabpacker

Reply