Kereta Api Indonesia Untuk Nusantara

PT. Kereta Api Indonesia atau yang biasa kita singkat menjadi PT. KAI merupakan salah satu moda transportasi umum darat yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk rute commuter line di dalam Jakarta, untuk rute luar kota antar daerahnya pun selalu penuh terisi oleh para penumpang.

Moda transportasi ini dipercaya yang paling aman, efisien dan efektif. Selain bebas polusi kereta api merupakan moda transportasi yang paling hemat dalam hal bahan bakar.

kereta api indonesia hijabpacker
kereta api indonesia hijabpacker

Lahir di tanggal 28 September 1945, PT. KAI telah sangat banyak berkembang. Di usianya yang ke 72 tahun ini, sesuai dengan filosofi perusahaannya yaitu “Anda Adalah Prioritas Kami”, PT. KAI merubah wajahnya menjadi jauh lebih baik bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Serta sesuai dengan visinya untuk menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan, maka bidang yang paling terasa perubahannya adalah dari sisi pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI kepada para pelanggannya. Transformasi pelayanan yang diberikan mengarah ke arah yang jauh lebih baik dan modern.

kereta api indonesia hijabpacker
kereta api indonesia hijabpacker

Infrastruktur menjadi salah satu komponen terpenting yang terus diperbaiki oleh PT. KAI. Tidak hanya mempercantik penampilan keseluruhan stasiun, penambahan dan perawatan fasilitas seperti toilet, mushalla, charging corner dan tempat duduk pun terus dilakukan. Tidak lupa PT. KAI juga memperhatikan kebutuhan para penyandang difabel dengan menyediakan fasilitas ramah disabilitas, seperti guiding block atau jalur kuning, eskalator atau lift dan penyediaan unit kursi roda.

Kebersihan stasiun juga sangat diperhatikan oleh PT. KAI guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pelanggannya. Petugas kebersihan selalu bersiap tidak hanya di lingkungan stasiun, tapi juga di dalam gerbong kereta untuk selalu memastikan kebersihan dan kenyamanan bagi para pelanggannya.

kereta api indonesia 8
Begitu juga dengan akses tiket yang dijual, sisi inilah yang paling terlihat perubahannya. Kini tiket PT. KAI bebas calo, dan penumpang kini tidak lagi sulit mendapatkan tiket. Saat ini penumpang bisa dengan sangat mudah mendapatkan tiket kereta api di mana saja dan kapan saja, bahkan penumpang bisa mendapatkannya secara on line juga. Cukup melakukan pembayaran melalui toko-toko retail modern, ATM ataupun dengan kartu kredit, penumpang sudah langsung bisa memiliki tiket kereta sesuai tujuan dan jadwal yang diingikan.

kereta api indonesia 2
Penambahan rute serta jadwal kereta yang dilakukan oleh PT. KAI dirasakan sangat membantu para penumpang. Di tahun 2017 ini, PT. KAI telah menambah empat rute perjalanan kereta baru, dua diantaranya sudah pasti sangat dinanti-nanti, yaitu KA Bandara Internasional Minangkabau dan KA Commuter Bandara Soekarno – Hatta. Tentu saja, dua rute tersebut akan sangat membantu para wisatawan dan traveler_sebagai pelanggannya_ untuk dapat lebih banyak mengeksplor tempat-tempat baru di sekitar Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Selain penambahan rute-rute baru, PT. KAI juga menambah jadwal keretanya, yang apabila semula hanya ada dua atau tiga dalam sehari kini bisa bertambah menjadi lima atau enam jadwal. Nah, ini juga membuat para pelanggan makin merasa dimanjakan oleh PT. KAI, karena dengan jadwal yang lebih banyak, para pelanggan PT. KAI mampu membuat jadwal perjalanan mereka menjadi lebih fleksibel.
Dengan perkembangan yang jauh lebih baik di sisi fasilitas dan pelayanan, PT. KAI tidak melupakan faktor keselamatan.

IMG_20170826_052457

Sebagai salah satu dari empat Pilar Utama dari misi PT. KAI, faktor keselamatan menjadi prioritasnya. PT. KAI juga rutin melakukan perawatan mesin, rel serta infrastruktur yang ada. Tidak hanya itu, kesehatan para masinisnya juga diperhatikan, PT. KAI rutin melakukan tes kesehatan kepada setiap masinisnya. Tes kesehatan ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan para masinis, apakah layak untuk menjalankan kereta api atau tidak. Hal ini sangat penting dilakukan, karena kereta api adalah moda transportasi massal, yang digunakan oleh banyak orang, sehingga keselamatan para pelanggannya merupakan tanggung jawab daripada sang masinis.

PT. KAI juga selalu berusaha maksimal untuk mengoperasikan perjalanan kereta api tepat waktu sesuai jadwalnya, baik jadwal keberangkatan maupun jadwal tiba. Sekali lagi, ini diupayakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya yang merupakan prioritas bagi PT. KAI.

kereta api indonesia hijabpacker
kereta api indonesia hijabpacker

Dengan keseluruhan transformasi yang telah dilakukan oleh PT. KAI, diharapkan PT. KAI terus berkembang dan melakukan inovasi-inovasi kreatif untuk terus dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.

Sebagai moda transportasi massal yang relative cukup aman, para pelanggan PT. KAI berharap agar PT. KAI terus berkomitmen untuk menambah rute dan jadwalnya. Terlebih lagi untuk pulau-pulau yang belum memiliki fasilitas kereta api. Semoga kedepannya, PT. KAI mampu mengadakan akses dan rute baru di pulau-pulau yang belum memiki fasilitas kereta api, contohnya seperti di Pulau Sulawesi. PT. KAI telah memulainya dengan trans Sulawesi yang pembangunan tahap I telah dilakukan pada tahun 2015 lalu, yang diproyeksikan beroperasi di 2018. Target dari keseluruhan Trans Sulawesi ini adalah 2.000 km, yang beroperasi dari Makasar ke Manado.

kereta api indonesia 1
Pengadaan jalur kereta baru di daerah-daerah yang belum memiliki akses kereta api dipastikan akan memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, antara lain akses transportasi yang lebih cepat, efisiensi waktu dan kemudahan akses menuju ke berbagai pelosok daerah. Juga diharapkan dengan adanya pengadaan jalur kereta api di daerah yang belum memiliki akses kereta api, akan menarik banyak investor sehingga pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut dapat berkembang pesat.

Dengan usianya yang telah sangat matang, PT. KAI memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan bangsa ini. Tidak hanya dari segi peningkatan pertumbuhan ekonomi tetapi juga dalam hal mendidik karakter bangsa ini. Dengan keteraturan dan ketepatan waktu yang menjadi komitmen dari PT. KAI, dipercaya dapat merevolusi mental bangsa Indonesia menjadi pribadi yang tertib dan berkomitmen.

kereta api indonesia hijabpacker
kereta api indonesia hijabpacker

PT. KAI juga mampu menjadi pemersatu bangsa dengan kemampuannya menyatukan setiap daerah di Indonesia dengan relnya, sehingga semua orang kini mampu mengakses setiap penjuru tanah air. Sehingga PT. KAI tidak hanya menjadi moda transportasi saja, tetapi juga mampu menjadi pemersatu bangsa, pemersatu Nusantara.

 

@hijabpacker – kereta api mania 🙂


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *