Milad Ke 3 Blogger Muslimah, Tidak Hanya Seru-seruan Tapi Juga Bertabur Ilmu

Assalamu’alaikum.. Hai Travelholic!
Alhamdulillah loh kemarin admin berkesempatan hadir di acara Milad ke 3 Blogger Muslimah Indonesia. Acara ini diadakan pada 10 Desember 2017 yang lalu dan bertempat di kantor Proxsis Consulting Working Space, Gedung Permata Kuningan lantai 17, Jakarta. Yang lebih mengesankan lagi sebenarnya acara ini terbatas loh hanya untuk 30 peserta, tapi syukur Alhamdulillah, admin Hijabpacker bisa terpilih ikut serta di acara Milad ke 3 Blogger Muslimah Indonesia.
Nah, sebelum acara dimulai tiap-tiap peserta diwajibkan untuk registrasi ulang dan berhak mendapatkan goodie bag yang isinya antara lain;
• Gamis cantik dari Seply by Ethica
• Set agenda, ballpoint, dan tumbler dari Proxsis Consulting Group.
• Buku Cakap bermedia sosial terbitan Kominfo.
• Bandana rajut dari @hana_mozlima
• Bros dari @evaldin_art. Nah admin Hijabpacker dapat yang warna silver loh, beneran cantik deh, nanti fotonya admin share yah..
• Bros Blogger Muslimah dari Blogger Muslimah
Setelah registrasi ulang, para peserta bisa langsung masuk ruangan, oh yah, ruangannya nyamana banget loh dan sudah dihias dengan pernak pernik layaknya pesta ultahan.. hehe.. Di tengah ruangan kado-kado yang terbungkus cantik sudah mejeng rapi di atas meja.

Tepat pukul 9.30 WIB, acarapun dimulai dengan dibuka oleh MC Ukhti Liswanti. Dengan sedikit perkenalan dan yel-yel, Gathering Milad Ke 3 Blogger Muslimah pun dibuka. Oh yah Ukhti Novia Syahidah Said, founder dari Blogger Muslimah juga berkesempatan memberikan pembukaan. Beliau secara singkat menjabarkan visi dan misi Blogger Muslimah. Ukhti Novia berharap agar para anggota Blogger Muslimah bisa saling menjalin dan mempererat tali silaturahmi serta bisa menjadi ajang berbagi ilmu melalui program-program rutin dari Blogger Muslimah, yaitu di antaranya Edu Visit.
Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Mas Aditya Akila, yang merupakan perwakilan dari Proxsis Consulting Group. Secara singkat Mas Aditya sangat mengapresiasi kegitan yang diadakan oleh Blogger Muslimah. Sebagai tambahan informasi, ini adalah kali pertama Proxsis bekerja sama dengan Blogger Muslimah dalam mengadakan acara.
Setelah sambutan telah selesai diberikan, kini saatnya masuk ke dalam sesi materi yang pertama. Pasti penasaran kan? Nah langsung dimulai aja yah ulasannya.
I. Kepribadian Muslimah
Materi di sesi pertama ini diberikan oleh Ukhti Ratih Sophie Azizah. Materi kali ini memiliki tema Recognising Ourselves and Other, yang membahas tentang empat macam karakter kepribadian yang ada pada setiap individu. Diharapkan dengan adanya materi ini, para muslimah mampu bersosialisasi lebih luwes dengan orang-orang di sekitarnya.
Ukti Ratih menyampaikan materi ini dengan santai dan disertai dengan kuis singkat mengenai kepribadian masing-masing para peserta.
Di dalam materi tersebut juga dibahas mengenai DISC. Apa itu DISC? DISC adalah pengelompakan karakter seseorang, secara detailnya dalah sebagai berikut :

www.bloggermuslimah.id

www.bloggermuslimah.id

Dominance = Choleric
Cirinya adalah tegas, kompetitif, tidak suka bertele-tele, penggerak motor yang baik, visioner dan result oriented.
Kekurangannya adalah pendengar yang buruk, mudah emosional dan keras kepala.
Influance = Sanguins
Cirinya adalah komunikatif, persuasif, sosialis, penghibur yang baik, ekspresif, friendly, senang berceriita, tenar, such a people person.
Kekurangannya adalah ceroboh, tidak senang hal detil, sering memikirkan apa kata orang lain.
Steadiness = Phlegmatis
Cirinya adalah penyabar, setia, baik dalam menyelesaikan segala pekerjaan, selalu tenang dalam menghadapi situasi apapun.
Kekurangannya adalah sering terlalu santai, tidak menyukai perubahan yang begitu cepat.
Compliance = Melancholy
Cirinya adalah teratur, terorganisir, sangat detil, sangat berhati-hati dalam bertindak.
Kekurangannya adalah keras kepala dan cenderung tradisional.
Lalu kenapa sih kita harus mempelajari DISC?
Adapun tujuan untuk kenapa kita harus mempelajari 4 tipe kepribadian ini adalah:
1. Understanding
Ini agar kita mampu memahami diri sendiri dan juga orang lain. Kita bisa tahu bagaimana menghadapi orang lain yang kepribadiannya beragam..

2. Recognising
Dengan mengenali berbagai macam kepribadian beserta kelebihan maupun kekurangannya akan memudahkan kita dalam berinteraksi dan bersosialisasi.

3. Adapting
Nah ini paling berguna pada pada saat kita harus bekerja bersama orang-orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Diharapkan kita, sebagai muslimah bisa beradaptasi dengan segala kepribadian yang dimiliki oleh orang lain dan lebih mudah toleransi.

4. Appreciating the difference
Perbedaan sebaiknya membuat kita jadi bisa lebih menghargai dan menghormati satu sama lain. Kita harus bisa lebih toleran, tidak egois, menjadi pendengar yang baik, mau menerima pendapat orang lain, dan lebih terfokus akan kebaikan bersama.

Milad Ke3 Blogger Muslimah

Milad Ke3 Blogger Muslimah

Last but not least Ukhti Ratih menyampaikan empat pesan yang menurut Admin sangat penting, yaitu ;
1. Sebagai muslimah, kita tidak boleh latah.
Jangan hanya ikut-ikutan apa yang lagi trend. Ikuti perkembangan zaman, tapi jangan menjadi korbannya.

2. Berhati-hati dalam memilih teman. boleh membaur tapi jangan melebur.
Artinya, kita sebagai muslimah boleh berteman dengan siapa saja, tapi jangan sampai identitas kita sebagai muslimah jadi hilang.

3. Berhati-hati dengan pikiran.
Muslimah yang baik selalu disibukan dengan hal-hal yang positif dan produktif. Hindari suudzon, ghibah dan lain-lain yang bentuknya negative.

4. Selalu sertakan Allah SWT dalam setiap aktivitas kita.
Perbanyak dzikir kepada Allah di setiap aktifitas. Amalkan setiap ilmu yang didapat.

 

Itu dia, Travelholic, pemaparan sesi yang pertama mengenai kepribadian muslimah yang diberikan oleh Ukhti Ratih Sophie Azizah. Penasaran dengan sesi berikut? Yuukk terus ikutin yah..
Nahh, Travelholic, sebelum memulai sesi berikutnya, para peserta dipersilakan untuk coffee break dulu nih, biar ngga terlalu tegang hehehe..
Setelah coffee break,  para peserta dipersilakan berganti pakaian dengan pakaian gamis yang sudah diberikan sebelumnya di dalam goodie bag. Jujur admin kurang suka pakai gamis, karena admin sih mikirnya pasti gerah dan ribet, ehh tapi semuanya langsung berubah ketika admin nyobain gamis dari Ethica Fashion ini.
Gamis dari Ethica Fashion ini bahannya adem dan lembut banget. Admin bisa nyaman bebas bergerak loh, tidak ada kerepotan sama sekali. Langsung jatuh cinta deh dengan Seply produk dari Ethica Fashion ini, apalagi warnanya cantik banget.
Birunya teduh banget, rasa-rasanya sih kalau yang suka dengan nuansa biru, pasti langsung suka. Kalau Travelholic penasaran dengan gamis Seply yang cantik dan anggun ini, bisa langsung kepoin di Ethica.

@hijabpacker

@hijabpacker

Admin udah follow Instagramnya nih biar bisa terus dapat update produknya, nih follow yah @ethica.id atau ke @seply.id
Admin tambahin juga yah beberapa penampakan gamis Seply ini, karena admin udah jatuh cinta banget hehe..

Seply by Ethica

Seply by Ethica

Tuh para peserta jadi cantik dan anggun banget kan? Apalagi ditambah dengan aksesoris bros yang menawan dari @evaldin_art dan masih ada satu lagi nih yang bikin penampilan para peserta makin maksimal, yaitu bandana rajut dari @hana.mozlima

aksesoris dan bandana

aksesoris dan bandana

Gimana Travelholic? Sudah kece maksimal kan para peserta Milad Ke 3 Blogger Muslimah Indonesia?
Nah setelah para peserta selesai berfoto-foto ria dengan gamis Seply dari Ethica Fashion, giliran yang maknyus-maknyus nih, yes saatnya makan siang. Makan siang kali ini istimewa banget karena panitia acara sudah menyediakan Ayam Bahagia. Bagus yah namanya Ayam Bahagia? Positif banget namanya, eits tapi tidak hanya namanya saja loh, rasanya juga bikin bahagia banget.

Ayam Bahagia

Ayam Bahagia

Ayam Bahagia ini juara banget deh, karena dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai ke bagian daging yang paling dalam. Kebetulan admin sangat menyukai kuliner pedas, dan tepat sekali sambel dari Ayam Bahagia ini pas banget pedasnya.
Yuk cobain deh bagaimana nikmatnya Ayam Bahagia ini langsung di gerainya yang beralamat di :
Jalan Kelapa Kopyor No.Blok O1/12A, RT.17/RW.2,
Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading,
Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14240.
Telp : 0811-1868-900
Kalau penasaran banget dengan menu-menu yang ada di Ayam Bahagia bisa langsung meluncur ke Instagramnya @ayambahagia, di sini Travelholic bisa dapetin promo-promo yang pastinya bikin bahagia deh.
Oke deh, setelah kenyang dan bahagia pastinya, kita langsung lanjut ke sesi berikutnya ya..

 

II. SEO Management dan Traffic Blog
Materi berikut ini disampaikan langsung oleh Riandi Rahmat atau biasa dipanggil dengan Coach Rian dari Proxsis IT – Proxsis Consulting Group.

Proxsis IT adalah bagian dari Proxsis Consulting Group, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi system management dan tata kelola teknologi. Untuk informasi lebih detailnya bisa langsung mengunjungi websitenya di Proxsis Consulting Group. 
Kalau Travelholic penasaran mengenai sistem manajemen dan tata kelola informasi teknologi, bisa langsung aja datang dan konsultasi ke kantor Proxsis loh, alamatnya di :
Permata Kuningan Building 17th Floor
Kawasan Epicentrum HR Rasuna Said
Jl. Kuningan Mulia, RT.6/RW.1
Menteng Atas, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12920
Telp : (021) 29069517
Nah yang lebih hebatnya lagi, Proxsis Consulting Group ini sering mengadakan training seputar internet dan teknologinya, jadi pastinya Proxsis Consulting Group ini sangat membantu para Travelholic yang ingin tahu lebih mengenai informasi teknologi.
Sip, kita lanjut dengan materi presentasinya Coach Rian ya. Coach Rian menjelaskan beberapa hal sebagai berikut :

Proxsis Consulting Group

Proxsis Consulting Group

1. Perbedaan SEO dan SEM beserta kelebihan dan kekurangannya.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau bisa dijabarkan sebagai sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs website atau sebuah halaman website di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari (misalnya Google).

Sedangkan SEM adalah Search Engine Marketing, dimana website bisa berada di halaman paling atas mesin pencari dengan cara berbayar atau iklan.

Berikut ini kelebihan dan kekurang dari SEO dan SEM:

Proxsis Consulting Group

Proxsis Consulting Group

2. Lalu apa sih yang harus dilakukan para pegiat Blogg agar dapat berada di posisi halaman pertama dari mesin pencari tanpa harus membayar iklan?
• Pastinya persiapkan dulu sebuah website yang akan dioptimasi. Web harus mobile friendly, ringan dan harus selalu up date.
• Lakukan riset mengenai kata kunci terkait website yang akan kita optimasi. Tool terkenal yang tersedia di google adalah “google keyword planner”.
• Persiapkan teknisnya, yaitu SEO on page, yang terdiri dari : Title, Heading, structure, alt text gambar, kecepatan loading page, konten situs web, internal link.
Inti dari SEO on page ini adalah untuk mengoptimasi website, apabila pengunjung merasa dimudahkan dalam eksplorasi web, maka pengunjung merasa betah dan mesin pencari akan mengerti dan merekam struktur website kita.
• SEO off Page. Beberapa media yang bisa dilakukan untuk melakukan SEO page Off adalah akun sosial media, bookmarking, link building, blog & forum posting, video.

Yang harus diingat adalah SEO on Page dan SEO off Page harus seimbang, sehingga mesin pencari selalu mengingat keberadaan website kita.

 

Nahh, materi ke dua akhirnya selesai, agak sedikit berat sih, tapi materi ini benar-benar sangat bermanfaat untuk kita-kita yang aktif nulis di dunia maya loh. Betul kan, acara yang diadain oleh Blogger Muslimah memang selalu penuh dengan faedah deh. Jadi kalau ada acara berikutnya pastikan Travelholic ikutan yah. Untuk cari tahu acara-acara bermutu seperti ini, Travelholic bisa langsung ke Page Facebook nya Blogger Muslimah di Blogger Muslimah.

Dengan selesainya materi dari Coach Rian, bukan berarti acara Milad Ke 3 Blogger Muslimah selesai juga loh. Kini giliran sesi bagi-bagi hadiah nih, sesi yang paling ditunggu-tunggu pastinya.
Acara Milad Ke 3 Blogger Muslimah makin seru dengan kehadiran hadiah-hadiah kece dari Supertwinshop dan Sheba.

supertwinshop

supertwinshop

Supertwinshop adalah online shop yang didirikan oleh salah satu member Blogger Muslimah yang bernama Aisya Avicenna. Produk-produk dari Supertwin Shop memiliki kualitas yang sangat tinggi loh, tapi dengan harga yang terjangkau. Untuk Travelholic yang penasaran dengan produk dari Supertwin Shop bisa meluncur langsung ke :
1. Website : www.supertwinshop.com
2. IG toko : @supertwinshop
3. IG testimoni : @sahabatsupertwinshop
4. IG katalog : @jaketsupertwinshop, @jashujansupertwinshop, @hijabsupertwinshop
5. WhatsApp : 087800090037
6. Facebook / Fanpage : SupertwinShop
7. Youtube : Supertwin Shop
8. Email : supertwinshop@gmail.com
Nah ini dia yang paling unik ; Sheba. Apa tuh Sheba? Sheba ini pionir jas hujan untuk para muslimah. Belum ada kan produk jas hujan khusus untuk muslimah. Nih, Travelholic, cek sendiri deh, koleksi Sheba keren-keren banget.

sheba_id

sheba_id

Buat Travelholic yang mau dapetin promo-promo menarik dari Sheba bisa langsung follow social medianya yah :
1. Facebook : https://www.facebook.com/ShebaIndonesia
2. Instagram : https://www.instagram.com/Sheba_ID/
3. Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLUPzRg1_d1Dc30M3tRkZYg
Oh iyah, ini dia beberapa penampakan dari para pemenang Live Tweet Acara Milad Ke 3 Blogger Muslimah dan door prize :

www.bloggermuslimah.id

www.bloggermuslimah.id

www.bloggermuslimah.id

www.bloggermuslimah.id

Dan syukur Alhamdulillah, admin berhasil mendapatkan hadi door prize loh, isi kadonya sangat berfaedah, yaitu buku dari Ukhti Etika Aisya Avicenna. Sekali lagi Alhamdulillah.

Milad Ke 3 Blogger Muslimah

Milad Ke 3 Blogger Muslimah

Setelah bagi-bagi hadiah selesai, para peserta dan panitia berfoto bersama.

www.bloggermuslimah.id

www.bloggermuslimah.id

Dengan berakhirnya sesi foto-foto cantik bersama, akhirnya selesai juga acara Milad Ke 3 Blogger Muslimah Indonesia. Secara khusus saya, admin Hijabpacker mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada panitia Milad Ke 3 Blogger Muslimah Indonesia yang memberikan kesempatan kepada saya untuk hadir di acara yang keren ini.

Akhir kata, saya ucapkan sekali lagi selamat ulang tahun yang ke 3 untuk Blogger Muslimah Indonesia, semoga semakin jaya, semakin banya kegiatan off airnya, semakin banyak memberikan manfaat kepada para Muslimah Indonesia dan semoga tali silaturahmi yang telah terjalin bisa makin erat. Aamiin.

 

@hijabpacker – maju terus muslimah Indonesia

6 Comments

    • hijabpacker
    • hijabpacker
    • hijabpacker

Reply