Kalau Bisa Pinjam, Ngapain Beli?

Assalamualaikum, Travelholic.
Pernah ngga ngalamin beli suatu barang yang hanya dipakai sekali saja?
Duh, rasanya sayang banget yah, dan hmm.. rugi. Apalagi kalau barang yang dibeli itu harganya lumayan mahal.

Dan beberapa waktu yang lalu, Hijabpacker pernah tuh mengalami hal seperti itu. Terpaksa beli tenda, karena tenda yang sebelumnya rusak sedangkan lusanya harus sudah berangkat nanjak. Duh, berasa kurang puas aja belanja terburu-buru dan, yah itu ternyata tendanya memang jarang digunakan. Belum lagi di rumah tuh sudah mulai sempit karena banyaknya barang-barang yang disimpan. Nambah satu buah tenda, lumayan bikin ruang penyimpanan jadi makin sempit, loh. Duh..

Nah, bulan lalu tuh, sempat ngobrol dengan sahabat. Sharing mengenai hal ini. Dan dia mengenalkan Hijabpacker dengan CUMI.
Wah, CUMI?
Apa yah CUMI itu?

rental market place

cumi.id

CUMI, kalau bisa pinjam, ngapain beli?
Teknologi semakin berkembang dan terus membuat kemudahan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, transportasi, hingga traveling semuanya sekarang ada di genggaman tangan kita.

Semua hal yang berhubungan dengan aktifitas sehari-hari, di buat menjadi lebih sederhana dengan adanya teknologi. Seperti dalam hal keinginan menggunakan sebuah barang. Kita tidak lagi harus memilikinya, karena kita bisa pinjam alias sewa. Meminjampun menjadi jalan terbaik bagi pengguna yang hanya ingin memakainya sesekali saja. Seperti terobosan jeli dan pandai melihat peluang yang di lakukan oleh CUMI dengan slogannya “Karena tidak semua barang harus dibeli dan disimpan, ada kalanya lebih baik hanya dipinjam dan dikembalikan”.

rental market place

cumi.id

Platform rental marketplace e-commerce satu ini, menawarkan sebuah gagasan menarik buat kita yang ingin menggunakan sebuah barang namun tidak ingin membeli langsung. Dengan berbagai pertimbangan seperti penggunaan barang tersebut yang hanya dipakai sesekali aja, sehingga dana untuk membeli barang dapat di alokasi untuk keperluan lain, serta menghemat tempat atau ruang bila harus membeli suatu barang. CUMI membuat proses peminjaman barang menjadi jauh lebih mudah, hanya di genggaman tangan saja.

Jadi, di CUMI, kita ngga hanya bisa menjadi peminjam alias renter, tapi bisa juga menjadi penyedia barang alias vendor. Keduanya memiliki semangat yang sama, yaitu sharing. Karena tidak semua barang harus dibeli dan disimpan, ada kalanya lebih baik hanya dipinjam dan dikembalikan.

Ada dua istilah yang terdapat di CUMI yakni renter dan vendor. Sesuai namanya renter di sematkan kepada user yang ingin meminjam barang di CUMI. Sedangkan vendor adalah user yang menyediakan barang rental untuk para renter. CUMI hadir dengan berbagai kategori, antara lain :
–    Otomotive
–    Buku
–    Pakaian dan kecantikan
–    Elektronik
–    Games dan permainan
–    Rumah dan taman
–    Anak dan bayi
–    Musik dan audio
–    Perlengkapan kantor
–    Pesta dan event
–    Fotografi dan videografi
–    Olahraga dan aktifitas outdoor
–    Kesehatan
–    Barang dan jasa lain-lain

rental market place

cumi.id

Trus, gimana sih caranya minjem barang di CUMI?
So, Travelholic, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. CUMI membuat proses peminjaman barang jadi jauh lebih muda, hanya di genggaman saja. Ngga perlu repot, ngga perlu susah. Kita cukup buka aplikasi CUMI saja, loh.

rental market place

register di CUMI

Eits, tapi yang pertama-tama wajib kita lakukan adalah download aplikasi CUMI di Play Store atau App Store dulu yah. Lalu register data diri kita, sesuai langkah-langkah yang diinstruksikan.
1.    Melengkapi profile data diri; seperti nama lengkap, alamat email, serta nomor handphone kita.
2.    Melakukan verifikasi email
3.    Melakukan verifikasi nomor handphone kita yang aktif. Kita akan mendapatkan nomor verifikasi yang harus dimasukan pada saat register.
4.    Mengisi data informasi perbankan kita; seperti nama Bank dan nomor rekening
5.    Verifikasi data diri dengan mengupload foto KTP serta foto diri dengan memegang KTP. Ini untuk membuktikan bahwa KTP yang kita upload adalah benar-benar KTP milik kita, karena difoto bersama diri kita. Aman kan?

rental market place

tahapan verifikasi CUMI

Setelah proses register, kita sebagai renter sudah dapat memilih barang yang ingin kita pinjam alias rental dan menentukan waktu yang tepat untuk menyewa barang yang diinginkan. Oh yah, aplikasi CUMI ini punya fasilitas pencarian yang “user friendly” banget, loh.

Seperti yang Hijabpacker lakukan, menyewa tas daypack di CUMI dengan durasi waktu peminjaman dua hari. Proses peminjaman sangat mudah. Tinggal melakukan pencarian di folder kategori yang sesuai atau langsung memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Akan muncul beberapa pilihan dengan rentang harga yang cukup terjangkau.

Selanjutnya kita tinggal memilih barang yang akan kita sewa, lalu kita memberitahukan lama waktu sewa dengan cara memilih tanggalnya.  Bila tanggal sudah dipilih oleh renter,  kita diminta menunggu konfirmasi dari pemilik barang atau vendor, apakah untuk tanggal dan barang yang kita inginkan tersedia atau tidak. Bila tersedia, vendor akan akan memberitahukan kepada renter melalui pesan notifikasi, kita akan di minta untuk melanjutkan proses pembayaran.

rental market place

cumi.id

Ketika kita sudah melakukan proses pembayaran, maka akan ada notifikasi yang muncul ketika pihak vendor telah menerima pembayaran yang dilakukan oleh renter. Langkah berikutnya, renter akan mengambil barang yang telah disediakan oleh vendor, lokasinya sesuai kesepakatan sebelumnya, yah. Bahkan pihak renter bisa juga menggunakan fitur ‘pesan’ yang terdapat di CUMI untuk bertanya lebih detail sebelum melakukan peminjaman barang kepada vendor.

Dan inilah hasil dari peminjaman yang telah dilakukan oeh Hijabpacker beberapa waktu yang lalu. Gimana, keren kan?

cumi.id

cumi.id

cumi.id

CUMI sangat memudahkan kita untuk mencari barang dan meminjamnya. Dengan begitu banyak kategori produk yang didaftarkan, kita mempunyai aternatif barang yang ingin kita pinjam. Harga sewanya pun cukup terjangkau. Yang bikin nyaman adalah setiap data dari penyewa maupun pemilik barang semua terverifikasi dengan baik di CUMI.

rental market place

bisa apa di CUMI?

Mau hemat? Pinjem aja, ngga usah beli

Saatnya kamu coba dan segera download applikasi CUMI di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.cumi.android
Atau bisa kunjungi informasi tentang Cumi.id di
www.facebook.com/cumi.rentalmarketplace/
www.instagram.com/cumi.rentalmarketplace/

Reply